Cara Aktifkan Mandiri Debit Online (VBV)

Cara aktifkan mandiri debit online (VBV) ternyata bisa dilakukan sendiri tanpa harus datang ke kantor cabang yaitu melalui layanan internet banking atau sekarang sudah berganti nama menjadi mandiri online.

Cara untuk mengaktifkan layanan vbv mandiri ini tidak sulit, karena kita cukup masuk ke menu Administrasi lalu input nomor kartu debit mandiri serta nomor hp yang nantinya akan berfungsi untuk menerima kode otp setiap kali kita melakukan transaksi online.

Bagi anda yang belum tahu apa itu debit online, secara singkat layanan ini akan menambah fungsi kartu ATM atau kartu debit mirip sebagai kartu kredit artinya bisa dipakai untuk pembayaran online di merchant yang sudah menggunakan sistem 3D secured verified by bisa contohnya bisa dipakai untuk bayar tokopedia, membeli pulsa di situs Indosat dan masih banyak lagi.

Cara Aktifkan Mandiri Debit Online (VBV) Lewat Mandiri Online

Info : Setelah melakukan pendaftaran, baik melalui cs maupun secara online kita harus menunggu H+1 atau satu hari setelahnya sebelum bisa digunakan untuk pembayaran online, dan untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti panduan dibawah ini.

Cara Pertama : Aktivasi Via Mandiri Online App di HP Android

  1. Buka aplikasi mandiri online di ponsel Android anda.
  2. Kemudian login dengan memasukan id dan password.
  3. Setelah masuk pilih menu Pengaturan.
  4. Pilih Menu Pengaturan e-commerce.
  5. Masukan nomor kartu debit (16 digit no kartu atm yang tertera dibagian depan) lalu pilih Lanjut.
  6. Masukan nomor hp yang akan digunakan untuk menerima one time password (OTP) untuk otorisasi setiap kali melakukan transaksi lalu pilih Lanjut.
  7. Terakhir masukan MPIN (pin sms banking mandiri) dan tunggu H+1 untuk bisa digunakan.
Untuk bisa melakukan langkah diatas anda harus sudah menginstall aplikasi mandiri online di HP dan sudah mendaftarkan nomor hp agar bisa melaukan transaksi finansial

Cara Kedua : Daftar VBV Lewat Mandiri Online WEB

  1. Buka halaman mandiri online web dari pc lalu login.
  2. Kemudian klik ikon profil yang ada dipojok kanan atas lalu pilih Pengaturan.
  3. Pilih Pengaturan Pengaturan e-commerce.
  4. Masukan Nomor Kartu Debit. Lalu Lanjut.
  5. Masukan nomor handpohone lalu Konfirmasi.
  6. Cek sms masuk yang berisi kode challenge lalu aktifkan token mandiri anda dan pilih mode APPLI 1 dan masukan kode challenge tersebut sampai muncul kode baru.
  7. Jika kode baru sudah didapat masukan kode respon dari token ke kolom yang tersedia di layar pc lalu pilih OK.
  8. Jika kode benar maka anda akan melihat pemberitahuan bahwa pengaturan e-commerce berhasil.
Cara kedua ini membutuhkan token pin mandiri dan pastikan nomor hp yang terdaftar ke layanan sms banking memiliki pulsa minimal 550 rupiah agar bisa menerima kode challenge.

Baca juga : cara transfer via sms banking mandiri.

Apa Itu Kode CVV Kartu Debit Mandiri, Dimana Melihatnya?

CVV atau (Card Verification Value) adalah 3 digit terakhir yang terletak dibagian belakang kartu debit (ATM) mandiri anda, nomor ini akan selalu digunakan saat kita melakukan transaksi online. Jadi untuk melihatnya silahkan cek dibagian belakang kartu atm anda 3 digit paling terakhir.

Bagaimana Cara Menggunakan Debit Online Mandiri Untuk Transaksi?

Penggunaannya cukup mudah karena tidak jauh berbeda dengan saat anda belanja online pakai kartu kredit yaitu pilih metode pembayaran debit/kredit visa/mastercard kemudian masukan data-data yang biasanya diminta diantaranya :

  1. Nama pemegang kartu (jika diminta) isi dengan nama pemilik rekening.
  2. Nomor kartu debit/kredit isi dengan 16 angka nomor atm yang tertera dibagian depan.
  3. Tanggal expired isi dengan tanggal kadaluarsa kartu atm mandiri anda.
  4. Kode CVV isi dengan 3 digit terakhir yang ada dibagian belakang kartu.
  5. Kode otorisasi / otp, masukan 6 digit kode yang anda terima via sms ke nomor hp yang terdaftar. Contoh : silahkan baca : beli pulsa indosat bayar dengan kartu debit mandiri.

Dimana Saja Bisa Transaksi Online Pakai Debit Mandiri?

Kartu debit mandiri visa ini bisa digunakan untuk membayar tansaksi online baik lokal maupun luar di beberapa merchant / toko online yang sudah mendapat sertifikasi Visa (VbV/3D Secure).

Misalnya membeli tiket pesawat di Garuda Indonesia, airasia, atau beberapa toko online seperti tokopedia, lazada, blibli, elevenia, bhinneka, bilna, dinomarket, erafone, tokone, blanja dan masih banyak lagi. Untuk daftar lengkapnya silahkan cek disini.

Note : Saat tulisan ini dibuat debit mandiri online tidak bisa digunakan untuk verifikasi paypal karena paypal tidak menggunakan 3D secure begitu juga dengan Google Play Store jadi anda tidak bisa membeli aplikasi pakai kartu atm mandiri walau sudah mengaktifkan layanan mandiri debit online.

Kesimpulan

Cara aktifkan mandiri debit online selain datang ke kantor cabang adalah melalui layanan internet banking seperti yang saya jelaskan diatas.

Setelah aktif, anda harus menunggu H+1 sebelum bisa menggunakannya untuk alat pembayaran online, jika ingin melihat salah contoh penggunaanya silahkan baca : bayar tokopedia pakai debit mandiri (vbv).

Debit online ini memang bisa membuat kartu atm (kartu debit mandiri visa) berfungsi sebagai alat pembayaran online tanpa harus repot pergi ke atm namun berbeda dengan kartu kredit karena dana yang dipakai mengambil dari saldo tabungan sedangkan kartu kredit mengambil dana dari sisa limit kartu tersebut.

Jadi sebelum bertransaksi pastikan saldo tabungan anda mencukupi sesuai dengan jumlah transaksi yang akan dilakukan serta belum melewati limit transaksi yaitu 25juta untuk kartu silver, 50juta untuk gold dan 100juta untuk kartu platinum.

Selain itu layanan debit online mandiri ini hanya bisa dipakai transaksi di toko/ecommerce/merchant yang sudah menggunakan 3D secure dan mengharuskan kita input cvv kartu debit mandiri tersebut saat akan membayar.

Demikianlah sedikit panduan cara aktifkan mandiri debit online (VBV) semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisements

Referensi : Mandiri Consumer Banking – Mandiri Debit eCommerce/Online