Cara Menghapus Akun WhatsApp dan Apa Yang Terjadi Setelahnya

Cara menghapus akun WhatsApp di HP Android itu sangat mudah karena bisa kita lakukan dari menu akun lalu pilih hapus akun atau dengan cara clear data aplikasi WhatsApp lalu biarkan sampai 45 hari.

Karena WhatsApp akan menonktifkan akun yang tidak aktif setelah 45 hari, namun tahukah kamu apa yang terjadi setelah kita menghapus nomor akun WhatsApp?

Advertisements

Bagaimana jika kita admin grup kemudian menghapus akun, apakah grup tersebut akan ikut terhapus? penasaran? yu simak percobaan saya menghapus akun WA beberapa kali dan lihat apa efeknya terhadap grup yang kita kelola.

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Sebelum membahas apa yang terjadi setelah kita hapus akun sebaiknya saya bahas bagaimana langkah-langkah penghapusan akun terlebih dahulu, dan berikut adalah langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih menu Setelan – Akun.
  3. Pilih menu Hapus Akun Saya.
  4. Masukan no WhatsApp yang akan dihapus, kemudian pilih tombol Hapus Akun Saya. Jika lupa nomor maka cara melihatnya adalah lewat menu setelan – lalu tap foto profil dan lihat dibagian bawah.
  5. Opsional (tidak wajib) kamu akan diminta memlih alasan penghapusan lalu pilih lagi tombol Hapus Akun Saya.
  6. Terakhir silahkan baca baik-baik apa akibat penghapusan tersebut, jika sudah yakin pilih tombol Hapus Akun Saya.

Apa Yang Terjadi Setelah Menghapus Akun WhatsApp?

  1. Nomor kamu akan hilang dari kontak di aplikasi WhatsApp teman.
  2. Akan keluar dari semua grup yang diikuti.
  3. Jika kamu admin grup maka grup tersebut akan tetap ada / tidak ikut terhapus tapi Admin Grup akan pindah ke anggota lain (saya kurang tahu bagaimana mekanismenya) tapi sudah tes 4x dan hasilnya admin grup pindah ke salah satu member sepertinya yang pertama kali kita Add ke grup.
  4. Senua data percakapan maupun backup akan terhapus jadi jika daftar lagi pakai nomor yang sama maka semua chat tentu akan hilang tidak bisa dikembalikan atau restore walaupun kamu pernah backup ke Google Drive.

Bisakah Daftar Kembali Pakai Nomor Yang Sama?

Bisa, tetapi semua data akan terhapus artinya riwayat chat tidak bisa dikembalikan begitu juga dengan grup, karena saat proses penghapusan kita otomatis keluar maka untuk bergabung kembali harus diinvite lagi.

Baca : cara mengganti nada dering WhatsApp.

Apa Bedanya Penghapusan Akun Dengan Clear Data?

Clear data atau hapus data dari manajemen aplikasi hanya akan membuat kita keluar dari akun WhatsApp atau menghapus data WhatsApp yang ada di HP tersebut.

Tetapi akunnya masih aktif dan jika daftar kembali pakai nomor yang sama maka semua data bisa dikembalikan dengan catatan kamu mempunyai file backupnya.

Perbedaan lain adalah, kalau kita lakukan penghapusan dengan cara diatas maka akun langsung nonaktif sedangkan jika lewat clear data aplikasi maka akunnya masih tetap aktif kecuali sudah lewat dari 45 hari.

Apa Perbedaan Menghapus Akun Dengan Ganti Nomor WhatsApp?

Menghapus dengan cara yang dijelaskan diatas berarti menonaktifkan akun sehingga nomor hp kita tidak akan terlihat lagi di aplikasi WhatsApp orang lain dan kita akan keluar dari semua grup yang diikuti.

Sedangkan jika mengganti nomor melalui setelan – akun – ganti nomor maka akun WhatsApp lama akan tetap aktif tetapi menggunakan nomor baru sehingga semua percapakan maupun grup akan tetap ada alias tidak terhapus.

Kesimpulan

Jika kamu memutuskan untuk tidak menggunakan nomor WhatsApp lagi maka sebaiknya lakukan penghapusan akun dengan cara yang saya jelaskan diatas.

Dengan demikian nomor kamu tidak akan muncul lagi di daftar kontak WhatsApp orang lain sehingga jelas tidak bisa dihubungi lagi baik lewat chat maupun panggilan suara atau video.

Advertisement