Cara Menghubungkan Domain Ke VPS Vultr

MogaMugi.com – Setelah sebelumnya membahas tentang VPS murah, kali ini saya akan coba berbagi pengalaman menghubungkan domain ke VPS Vultr yang sebetulnya caranya sangat mudah tetapi bagi pemula atau bagi yang pertama kali sewa VPS mungkin akan sedikit bingung.

Pada dasarnya pointing domain ke IP VPS tidak jauh berbeda dengan saat kita ingin mengarahkan domain ke server web hosting di shared hosting melalui cpanel yaitu mendaftarkan atau menambahkan domain ke vps setelah itu mengubah name server pada domain menggunakan ns yang biasanya sudah disediakan oleh pihak hosting.

Jadi untuk menghubungkan domain ke server vps kita harus lakukan dari dashboard vps dan juga domain dan untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menghubungkan Domain Ke VPS Vultr

  1. Silahkan login ke vultr terlebih dahulu kemudian lihat IP Address dari server yang kita miliki, pada contoh ini ip saya adalah 45.32.111.234.
  2. Kemudian pilih menu DNS.
  3. Pilih tombol Add domain.
  4. Masukan nama domain yang akan kita tambahkan dan dibawahnya masukan alamat IP server yang kita miliki lalu pilih tombol Add.
  5. Langkah selanjutnya silahkan login ke tempat dimana anda sewa domain kemudian cari menu Nameservers kamudian masukan alamat name server vultr yaitu ns1.vultr.com pada nameserver 1 dan ns2.vultr.com pada nameserver 2 kemudian save changes atau simpan.Catatan : jika anda tidak tahu bagaimana cara mengubah name server silahkan tanyakan langsung pada penyedia domain dimana anda sewa karena setiap tempat tentu berbeda tampilannya tetapi caranya tetap sama.

Setelah langkah diatas dilkukan maka domain kita sudah berhasil terhubung ke vps tetapi untuk melihat perubahan memang butuh waktu untuk propagasi dns.

Tidak sulit bukan menghubungkan domain ke vps vulr?

Cara Mengetahui Apakah Domain Sudah Terhubung Ke VPS Bagaimana?

Saat pertama kali membeli domain kemudian mengubah dns maupun saat pindah server dan mengubah pointing ip maka dibutuhkan waktu dns propagation yang biasanya antara 24-48 jam.

Untuk mengetahui apakah domain name kita sudah benar terhubung ke ip server maka salah satu cara untuk mengeceknya adalah melalui situs DNS Propagation Checker seperti whatsmydns.net kemudian masukan nama domain lalu klik tombol search.

Jika pointing ip sudah benar maka akan muncul ip address sesuai dengan yang kita ubah seperti tampak pada gambar berikut.

Terlihat pada gambar muncul ip 45.32.111.234 sesuai dengan ip server vps vultr yang saya miliki, jika anda tes dan menunjukan ip server anda maka itu berarti langkah yang dilakukan sudah benar.

Adakah Cara Mempercepat DNS Propagation?

Misalnya anda baru pindah web hosting atau baru sewa domain kemudian ingin cepat-cepat install wordpress tetapi ketika diketik url domain pada web browser malah not found atau masih mengarah ke hosting lama maka cara mengatasinya adalah dengan mempercepat dns propagation.

Tetapi cara ini hanya berlaku lokal artinya ketika orang lain membuka alamat blog anda yang baru dipindahkan hostingnya tersebut maka tetap harus menunggu global dns propagation bekerja yaitu antara 24-48jam.

Jadi cara ini hanya berguna untuk pemilik atau admin blog saja ketika baru pindah hosting dan ingin cepat-cepat melakukan perubahan misalnya melakukan restore mengganti theme dan sebagainya maka bisa diakali dengan cara sebagai berikut :

  1. Cari file host di windows biasanya ada di Drive C:\Windows\System32\driver\etc.
  2. Kemudian buka dengan notepad atau notepad ++ dengan cara klik kanan lalu open with.
  3. Selanjutnya tambahkan ip address server dibagian kiri + spasi + nama domain. Contoh 45.32.111.234 mogamugi.com dan dibawahnya ketik lagi 45.32.111.234 www.mogamugi.com (sesuaikan ip dan nama domain dengan yang anda miliki)
  4. Terakhir save.
  5. Untuk melihat perubahannya, putuskan koneksi internet lalu clear cookies baru konek lagi dan coba buka alamat blog anda.

Sekali lagi, cara diatas hanya berlaku lokal jadi jika anda buka blog dari hp atau dari pc lain tentu belum resolve dns nya tetapi cara diatas cukup berguna bagi pemilik blog yang baru pindah hosting atau membeli domain baru kemudian ingin melakukan perubahan atau pengaturan dan mempercepat dns propagation agar tidak terjadi server not found.

Bagaimana Cara Tahu DNS Propagation Sudah Selesai?

Untuk mengetahui apakah proses perubahan nameservers sudah selesai atau belum secara global artinya semua pengunjung yang mengakses domain kita akan diarahkan ke server baru maka cara untuk mengeceknya adalah dengan cara ping melalui command prompt dengan langakah sebagai berikut:

  1. Buka cmd atau command prompt dengan cara pilih search lalu ketik CMD.
  2. Pastikan sedang terhubung ke internet, kemudian ketil ping namadomain.com misal ping mogamugi.com dan nanti lihat ip address pada reply. Jika sudah resolve dns maka ip akan sama dengan ip server yang kita gunakan.Sebaliknya jika masih dalam proses propagation maka ip address reply from akan berbeda dengan ip server vps atau web hosting yang kita miliki jadi tunggu saja maksimal 48 untuk melihat perubahannya.
Advertisements

Demikianlah sedikit tips cara menghubungkan domain ke vps vultr, seperti terlihat pada langkah diatas caranya tidak sulit bukan?