Jadi Agen BukaLapak, Cara Daftar dan Untung Ruginya?

Cara jadi agen bukalapak itu sangat mudah yaitu kita hanya perlu login akun bukalapak kemudian mengunjungi halaman pendaftaran lalu masukan nomor KTP dan centang anda menyetujuai semua ketentuan yang berlaku diantaranya ada biaya administrasi tambahan untuk pembelian selain e-voucher.

Jika sudah terdaftar menjadi agen bukalapak maka anda berkesempatan mendapatkan komisi 3% – 5% yang dihitung dari harga jual produk atau barang yang dibeli.

Advertisements

Agen BukaLapak ini berbeda dengan sistem affliasi pada umumnya yang pernah saya ikuti karena kita harus belanja di BukaLapak kemudian menjual kembali kepada orang lain sedangkan afliasi pada umumnya adalah hanya mempromosikan produk untuk mencari pembeli dan pembeli sendiri yang melakukan transaksinya bukan kita.

Selain harus membeli sendiri produk yang akan kita jual kembali, pada sistem agen Bukalapak ini ada biaya administrasi tambahan saat kita membeli barang (produk) selain e-voucher seperti pulsa, paket data, token listrik, tiket kereta, maupun voucher game.

image credit : YouTube Bukalapak

Sehingga harga barang nantinya akan lebih mahal dibanding harga yang tertera pada produk tersebut dan jika ingin tetap untung tentu kita harus menjual lebih tinggi atau minimal sudah ditambah dengan biaya adm.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan coba mengulas tentang sistem agen di Bukalapak mulai dari proses pendaftaran, cara mendapat komisi dan apa saja untung ruginya semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Baca juga : Kapan Pembayaran Komisi Agen Bukalapak?.

Cara Daftar Jadi Agen BukaLapak

  1. Langkah pertama masuk ke akun Bukalapak anda atau jika belum punya silahkan buat akun Bukalapak dulu.
  2. Setelah masuk lalu kunjungi halaman pendaftaran agen bukalapak ini.
  3. Masukan nomor KTP yang masih berlaku lalu centang menyetujui akan ada Biaya Administrasi untuk setiap pembelian….
  4. Terkahir klik tombol Daftar Sekarang, selesai.

Cuma begitu? ya daftarnya hanya begitu. Setelah berhasil daftar kemudian anda sudah resmi menjadi agen dan memiliki kesempatan untuk mendapat komisi untuk setiap pembelian *syarat ketentuan berlaku.

Bagaimana Cara Mendapat Keuntungan / Komisi Dari Agen Bukalapak?

Agar bisa mendapat keuntungan dari agen bukalapak caranya adalah cari calon pembeli secara offline maupun online kemudian beli barang yang dibutuhkan oleh pembeli tersebut.

Setelah barang diterima maka kita akan mendapat komisi 3% untuk produk fisik dan 5% untuk e-voucher. Namun khusus e-voucher ada syarat ketentuan yang harus terpenuhi yaitu minimal akumulasi transaksi selama 1 minggu yang jumlahnya berbeda-beda.

#1 Contoh Kasus Pertama:

Tetangga anda sedang hamil kemudian tawarkan barang-barang kebutuhan persalinan atau peralatan bayi baru lahir misalnya kain bedong bayi.

Cari kain bedong bayi di bukalapak dan usahakan cari harga termurah dengan lokasi penjual terdekat dengan kota anda agar ongkos kirimnya tidak mahal.

Kemudian save gambar produknya dan jangan lupa jadikan produk favorit agar lebih mudah saat ingin membelinya. Jangan lupa tentukan harga jual lebih tinggi misal ambil keuntungan 10% dari harga barang belum termasuk ongkir dengan tujuan agar bisa menutup biaya adm.

Misalnya harga kain bedong tersebut adalah 89.000 dan anda ambil margin 10% maka harga jualnya adalah 89.000 + (89.000 x 10%) = 97.900 lalu tambahkan dengan ongkos kirim misal pakai JNE regular biayanya 9.000 jadi total harga produk tersebut menjadi 106.900.

Setelah tetangga anda setuju untuk membeli kemudian lakukan pembelian di bukalapak dan setelah barang sampai ke tujuan dan sudah konfirmasi penerimaan barang maka anda akan mendapat komisi agen bukalapak sebesar 3% dari 89.000 yaitu 2.670 rupiah.

#2 Contoh Kasus Kedua :

Anda berjualan token, pulsa dan paket data dirumah lalu ambil atau beli dari bukalapak dan jual dengan harga umum dipasaran.

Misal untuk pulsa 25.000 biasanya dijual antara 26-27ribu sedangkan harga dibukalapak itu berkisar antara 24.700 (simpati) sampai 25.000 jadi anda sudah bisa mendapat keuntungan 1.000 – 2.000 langsung dari setiap transaksi.

Sedangkan untuk token listrik misalnya yang 100.000 anda jual 102.000 karena harga token listrik di bukalapak saat tulisan ini dibuat untuk 100K adalah 101.500. Jadi anda hanya mendapat keuntungan langsung 500 rupiah per transaksi.

Lalu kapan anda mendapat komisi 5% dari agen bukalapak? jawabannya adalah saat anda berhasil memenuhi syarat minimum akumulasi transaksi per minggu dengan perhitungan dari jumat – kamis.

Untuk pulsa dan paket data anda harus berhasil melakukan transaksi minimal 200.000 rupiah dalam 1 minggu baru berhak mendapat komisi 5% yang akan diberikan pada hari jumat dan langsung masuk ke saldo bukadompet.

Sedangkan untuk token minimal total transaksi yang harus terpenuhi adalah 250.000, voucher game 100.000, tiket kereta 350.000, tiket pesawat 1.000.000.

Contoh dalam 1 minggu anda berhasil menjual pulsa dan paket data dengan total transaksi 250.000 maka komisinya adalah 250.000 x 5% = 12.5000 sedangkan jika tidak sampai 200.000 maka tidak akan dapat apa-apa.

Kesimpulan Agar Mendapat Keuntungan Jadi Agen Bukalapak

  1. Agar anda bisa mendapat keuntungan setelah daftar menjadi agen bukalapak adalah mencari barang dengan harga termurah lalu jual kembali dengan margin yang anda tentukan sendiri agar bisa menutup biaya administrasi.
  2. Untuk produk non fisik atau e-voucher, anda harus bisa jual dengan harga lebih tinggi kemudian bisa memenuhi ketentuan total minimal transaksi per minggu agar bisa dapat komisi 5%.
  3. Gunakan metode pembayaran bukalapak yang tidak dikenakan biaya pelayanan seperti pakai bukadompet, e-cash mandiri, dan lainnya. Kalau anda beli token di bukalapak bayar pakai kartu kredit untuk dijual kembali tentu akan rugi karena ada biaya pelayanan 1,5% dari nilai transaksi.

Jadi Apa Untung Rugi Menjadi Agen Bukalapak?

Beberapa keuntungan menjadi agen bukalapak adalah bisa mendapat penghasilan tambahan dari komisi pembelian yang kita lakukan sendiri disana.

Dengan catatan anda bisa menjual dengan harga lebih tinggi dibandingkan yang tertera di bukalapak untuk menutup biaya administrasi saat membeli produk fisik.

Sedangkan untuk produk berupa e-voucher anda bisa untung mendapat komisi 5% jika berhasil memenuhi syarat minimal akumulasi transaksi dalam 1 minggu.

Kerugiannya adalah, harga produk fisik menjadi lebih tinggi dibandingkan jika anda beli bukan sebagai agen karena biaya administrasi.

Begitu juga dengan produk e-voucher, karena harga di bukalapak tidak jauh berbeda dengan harga pasaran maka keuntungan yang paling memungkinkan adalah dari komisi 5% tetapi jika tidak berhasil mencapai minimal akumulasi transaksi maka kita tidak akan dapat komisinya melainkan hanya selisih harga dari bukalapak dengan harga jual yang kita tentukan.

Kesimpulan

Jika diperhatikan sebetulnya sistem agen bukalapak ini lebih mirip ke sistem dropship yaitu menjual barang dari pihak lain tanpa harus memiliki stok dan dapat menentukan harga jual sesuai yang kita inginkan.

Pertanyaanya apakah jadi agen bukalapak masih menguntungkan? tentu jawabannya relatif sebagai contoh jika anda bisa menjual pulsa dan paket data dengan total transaksi diatas 200.000 per minggu maka akan menguntungkan.

Sebagai contoh salah satu teman saya yang bekerja di pabrik dulu pernah usaha sampingan yaitu jualan pulsa dan transaksi per harinya bisa mencapai 200.000 – 300.000 nah jika dikali 7 hari maka bisa mencapai 1.4-2.1 juta sehingga jika dia membeli dari bukalapak maka keuntungan potensial yang bisa didapat adalah 70 ribu – 105.000 per minggu.

Advertisement

Catatan : tulisan ini hanya bersifat infomasi tanpa ada maksud menjatuhkan, mendeskreditkan pihak tertentu. Tulisan ini dibuat berdasar pengalaman dan pengamatan pribadi setelah coba-coba daftar jadi agen bukalapak. Oleh karena itu jika ada informasi yang kurang tepat atau ada pendapat lain silahkan sampaikan melalui kotak komentar atau melalui form kontak yang tersedia.