Kontak LINE Sudah Diblokir Tapi Bisa Kirim Chat dan Call, Ko Bisa?

Pernahkah kamu mengalami kontak LINE sudah diblokir tapi bisa kirim chat bahkan melakukan panggilan atau call? padahal seharusnya jika teman sudah kita blokir maka dia tidak akan bisa mengubungi lagi kecuali hanya bisa melihat foto profil kita.

Namun tadi pagi saya coba iseng meminta teman untuk memblokir salah satu akun LINE saya kemudian setelah itu saya coba hapus akun LINE tersebut lalu daftar lagi pakai nomor yang sama.

Advertisements

Saat daftar akun LINE saya centang opsi tambah teman otomatis sehingga setelah selesai verifikasi semua nomor kontak HP yang sudah mempunyai LINE akan otomatis ditambahkan sebagai teman dan ternyata inilah yang menjadi pemicu kenapa akun sudah diblokir masih bisa mengirim pesan. Penasaran? simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Kontak LINE Sudah Diblokir Tapi Bisa Kirim Chat dan Call

Normalnya jika kita sudah diblokir oleh teman di LINE maka tidak bisa membuka blokir sendiri melainkan harus oleh orang yang melakukan pemblokiran tersebut.

Tetapi ternyata, setelah akun LINE dihapus maka kita tidak lagi dalam kondisi terblokir oleh siapapun.

Oleh karena itu jika setelah hapus akun lalu daftar kembali pakai nomor yang sama kebetulan orang yang memblokir kita mencetang pilihan “Izinkan Orang Menambahkan” maka yang terjadi adalah kita bisa menghubungi kembali teman yang sudah memblokir tersebut.

Bingung? Tidak Percaya? Mari Kita Buktikan

Untuk membuktikan teori saya, berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan:

#1 – Saya minta teman memblokir nomor LINE

Perhatikan gambar diatas yang saya ambil dari capture LINE teman, setelah kirim chat lalu saya minta dia blokir (lihat gambar kanan)

#2 – Setelah Diblokir Teman Lalu Hapus Akun LINE

Ketika akun LINE sudah dihapus maka nama kita tidak akan muncul lagi di kontak teman manapun, begitu juga pada daftar blokir ternyata ikut hilang, nah inilah yang menjadi celah untuk bisa buka blokir kontak LINE.

Berikut adalah gambar yang membuktikan setelah kita hapus akun ternyata hasilnya akan hilang dari daftar blokir teman.

Lihat gambar kiri pada pukul 10.29 nomor hp saya masih ada didaftar blokir, lalu setelah akun dihapus saya minta teman cek kembali dan hasilnya no hp saya sudah tidak ada didaftar blokir LINE teman tersebut (gambar kanan) pukul 10.40.

#3 – Daftar Akun Lagi Pakai Nomor Yang Sama (Pernah Diblokir Teman)

Saat membuat akun tepatnya saat membuat mengatur foto profil dan nama tampilan saya centang Tambah Teman Otomatis sehingga semua no kontak akan terbaca dan langsung ditambahkan sebagai teman jika mereka kebetulan memiliki akun LINE.

Setelah selesai, kemudian saya minta teman untuk cek kembali apakah nomor hp saya muncul didaftar teman? dan hasilnya ternyata muncul. Lihat gambar dibawah ini (yang diberi kotak merah)

Karena sudah muncul lagi walau sebelumnya diblokir akhirnya saya coba kirim pesan lalu melakukan panggilan dan ternyata masuk.

Dari percobaan diatas saya bisa simpulkan kalau no LINE diblokir orang lalu kita hapus akun – daftar lagi dan kebetulan yang memblokir mencetang Izinkan Orang Menambahkan seperti gambar dibawah ini maka kita bisa menambahkan orang yang sudah memblokir menjadi teman lagi sehingga otomatis bisa kirim pesan.

Semoga tulisan ini tidak membuat bingung 🙂 karena pada dasarnya sederhana yaitu:

  1. Jika kamu memblokir orang dan tidak ingin muncul lagi di daftar teman / kontak maka sebaiknya jangan centang Izinkan orang menambahkan.
  2. Jika kamu diblokir teman lalu ingin membuka kembali, maka bisa tes dulu pakai akun LINE lain lalu tambahkan nomor HP orang yang sudah memblokir kamu. Jika muncul maka dapat dipastikan kamu bisa buka blokir tersebut dengan cara hapus akun lalu daftar lagi pakai nomor yang sama.

Dislaimer : saya tidak menjamin tulisan ini akurat 100% bisa jadi setelah dicoba hasilnya berbeda karena mungkin sudah ada perubahan kebijakan dari LINE sehingga sekali diblokir nomor kita akan tersimpan terus didaftar blokir.

Demikianlah sedikit penjelasan penyabab kontak LINE sudah diblokir tapi masih bisa kirim chat bahkan video call, jika hal ini tidak ingin terjadi silahkan baca poin no 1 diatas yaitu jangan centang Izinkan orang menambahkan.

Advertisement