Vultr VPS Murah Buat WordPress Cuma $2,5 Per Bulan

Mau sewa VPS tidak harus mahal karena sekarang Vultr menyediakan paket VPS murah yang bisa digunakan untuk hosting wordpress dengan biaya bulanan hanya $2,5 saja. Lebih murah jika dibandingkan digitalocean dengan spek cpu yang hampir sama.

Dengan $2,5 per bulan atau sekitar Rp. 33.307 (kurs 13.323) rasanya vps vultr murah ini sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar menggunakan vps untuk hosting wordpress tanpa menggunakan cpanel alias semuanya dilakukan dari console.

Advertisements

Sayangnya untuk bisa sewa vps di vultr kita membutuhkan PayPal atau kartu kredit dan setelah daftar kemudian membayar, nantinya akan otomatis mengaktifkan paypal subscriptions atau biaya langganan berulang yang akan dipotong otomatis jadi anda harus pastikan saldo PayPal anda mencukupi agar proses pembayaran sukses.

VPS Murah Buat Wordpess Cuma $2,5 Per Bulan

Untuk mendapatkan vps murah di vultr tidak sulit, pertama-tama anda daftar dulu dan setelah selesai pilih menu server lalu pilih Deploy New Server.

Kemudian pilih lokasi server yang diinginkan, misalnya jika ingin buat blog Indonesia maka pilih saja Singapore. Untuk server type silahkan pilih sesuai keinginan tetapi saya sudah biasa pakai Ubuntu 32bit.

Langkah berikutnya pilih Server Sieze 20GB SSD dengan biaya langganan bulanan 2.5 USD seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Kemudian silahkan isi Server Hostname & Label misalnya bisa pakai nama domain anda lalu terakhir pilih tombol Deploy Now.

Setelah server berhasil dibuat langkah selanjutnya adalah install apa yang dibutuhkan misal jika ingin buat untuk wordpress maka silahkan install apache/nginx kemudian database mysql, php baru install wordpress dan semuanya lewat console.

Karena untuk paket vps $2.5 ini tidak tersedia untuk pilihan server type application jadi kita tidak bisa langsung pilih wordpress.

Sudah Nyoba Sendiri?

Sudah, untuk blog mogamugi.com ini saya menggunakan paket VPS murah vultr 512MB $2.5 per bulan dan pakai NGINX bukan apache.

Apakah Bisa Untuk Lebih Dari Satu Blog WordPress?

Bisa, tetapi itu jika blog sudah mempunyai banyak pengunjung atau traffic misal diatas 5.000 UV per hari ada baiknya anda buat / deploy server baru.

Selain itu agar bisa menampung lebih dari satu domain di VPS melalui console tanpa control panel memang agak rumit dan yang pernah saya coba adalah di DigitalOcean pakai Apache CPU dengan RAM 512MB dan menampung 5 domain.

Apakah WordPress di VPS Lebih Cepat Dibanding Shared Hosting?

Tergantung, cepat lambatnya wp ada banyak faktor yang mempengaruhi termasuk theme, script/plugin dan juga gambar yang ada pada artikel dan tentu saja spesifikasi hostingnya jadi untuk membandingkannya harus dengan spek hosting yang sama biar adil.

Tetapi jika dibandingkan memang berdasar pengalaman saya VPS bisa lebih murah dibanding shared hosting sehingga dengan biaya yang hampir sama, misal kurang dari $2.5-$5 per bulan kita bisa mendapatkan spek hosting yang lebih tinggi dibanding share hosting itu sebabnya kita bisa lebih optimalkan dan tentu saja load wordpress bisa lebih cepat.

Jadi jangan berharap pindah ke VPS dari share hosting akan otomatis mempercepat loading blog karena banyak faktor yang mempengaruhi, memilih VPS biasanya karena bisa mendapatkan spek cpu lebih tinggi dengan biaya yang hampir sama selain itu kita bisa mempunyai kontol lebih dibandingkan saat menggunakan shared hosting.

VPS Ram 512 Kuat Menampung Berapa Banyak Pengunjung?

Saya pribadi kurang tahu hitungannya tetapi berdasar pengalaman dan melihat beberapa blog teman yang pakai VPS dengan 1 CPU dan RAM 512 MB ternyata masih bisa menampung 5.000 – 10.000 page view per hari tetapi balik lagi ke faktor optimasi seperti penggunaan cache, swap dan tidak menggunakan control panel alias semua diinstall dari console, jadi mungkin akan berbeda kondisinya jika anda pakai VPS + cpanel.

Kesimpulan, bagi anda yang ingin pindah ke VPS tetapi dana masih terbatas maka bisa mencoba paket vps $2.5 dari vultr dan jika masih bingung karena harus install dari console maka anda bisa cara tutorialnya di internet terutama di Digital Ocean.

Silahkan cari dengan kata kunci Install WordPress dan nanti akan muncul banyak pembahasan yang mudah diikuti karena saya sendiri dulu belajar install wordpress di VPS melalui situs digital ocean.

Advertisement