Web Hosting Gratis Dari Hostinger Cocok Untuk Pemula

Jika anda sedang belajar ngeblog pakai wordpress dan mencari web hosting gratis? Maka tidak ada salahnya jika mencoba paket hosting lokal gratis dari hostinger tanpa harus terganggu iklan.

Saat menulis artikel ini mogamugi.com masih menggunakan hostinger, jadi pada kesempatan ini saya akan coba berbagi pengalaman terutama kelebihan dan kekurangannya.

Advertisements

Sesuai dengan judul web hosting gratis dari hostinger memang cocok untuk pemula terutama bagi yang baru belajar wordpress tetapi belum ada dana untuk sewa hosting berbayar. Jadi cukup sewa domain murah atau mungkin menggunakan domain gratisan kemudian daftar hostinger lalu install wordpress.

Setelah wordpress terinstall anda bisa langsung mencobanya, terutama untuk belajar posting, install plugin dan lain sebagainya.

Pengalaman Mencoba Web Hosting Gratis Hostinger

Saya pribadi sebetulnya sudah 2 tahun lebih tidak menggunakan shared hosting karena sudah beralih ke VPS tetapi kali ini sengaja ingin mencari pengalaman baru terutama dengan hosting lokal dan berikut adalah pengalaman singkat setelah beberapa hari menggunakan hostinger, dan agar lebih mudah saya bagi menjadi 3 poin utama yaitu kelebihan, kekurangan serta kesimpulan.

1 – Kelebihan Hostinger

  1. Gratis selamanya.
  2. Memberikan Bandwidth cukup besar yaitu 100GB, serta disk space atau ruang penyimpanan sebesar 2000MB.
  3. Proses pendaftaran mudah, cukup mengisi form kemudian lakukan verifikasi email setelah itu kita bisa langsung menggunakan paket hosting gratis dan menginstall wordpress atau cms lainnya.
  4. Tersedianya control panel sehingga memudahkan saat akan menginstall cms melalui auto installer, mengakses file melalui  file manager.
  5. Tidak ada iklan, ini mungkin yang paling saya sukai karena kita tidak akan terganggu dengan iklan banner yang biasanya dilakukan oleh beberapa penyedia paket hosting gratis lainnya.

2 – Kekurangan Hostinger

  1. Kadang blog agak susah diakses atau lambat.
  2. Saat mengakses file manager kemudian mengedit file terkadang tidak bisa disave, dan harus tutup dulu file manager lalu buka lagi dari awal.
  3. Saat install plugin muncul pesan error failed sehingga proses install harus diulang, salah satunya saat menginstall plugin jetpack termasuk saat mengubungkan jetpack ke akun wordpress, saya harus refresh sampai 2x baru berhasil.

Jika disimpulkan salah satu kekurangan dari hostinger ID adalah sering muncul error 500 Internal Server Error baik saat mengakses dashboard wordpress maupun control panel.

Biasanya jika error seperti ini muncul, mengatasinya harus tunggu beberapa saat (hampir 1 menitan) kemudian refresh halaman, baru normal lagi. Berikut error yang beberapa kali muncul baik saat akan posting artikel maupun saat membuka file manager:

Internal Server Error

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator at admin@main-hosting.eu to inform them of the time this error occurred, and the actions you performed just before this error.

More information about this error may be available in the server error log.

3 – Kesimpulan

Hostinger merupakan salah satu web hosting gratis Indonesia yang cukup cocok untuk pemula atau anda yang  baru mengenal wordpress, sedang belajar membuat situs untuk pribadi, perusahaan dan belum memliki banyak pengunjung. Walaupun selama 2 hari ini sudah mengalami beberapa kali 500 internal error tetapi menurut saya ini sangat wajar karena gratis tanpa iklan pula :).

Punya pengalaman menarik dengan hostinger? silahkan share disini.

Advertisement