Domain Kena Suspend ICANN Tidak Bisa Diakses, Jangan Panik Segera Lakukan Ini

Sudah hampir 6 tahun saya sewa domain di namecheap tapi baru kali ini mengalami domain kena suspend ICANN sehingga blog tidak bisa diakses bahkan domain tidak bisa diping lewat command prompt (CMD).

Advertisement

Salah satu penyebab domain namecheap suspended adalah karena belum verifikasi kepemilikan setelah mengganti data maupun setelah melakukan transfer domain masuk ke namecheap seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu.

Jadi ceritanya data kontak domain dari tempat asal menggunakan alamat email berbeda dengan yang saya gunakan di namecheap dan parahnya email tersebut jarang dibuka sehingga saya tidak tahu ada peringatan untuk verifikasi whois dan akibatnya domain suspended tidak bisa diakses lagi walaupun nameserver benar.

Mengenali Ciri-Ciri Domain Kena Suspend ICANN

  1. Blog tidak diakses dari manapun alias down.
  2. Domain tidak bisa diping lewat command prompt, caranya ketika perintah di cmd “ping namadomain.com” misalnya ping mogamugi.com jika hasilnya seperti gambar berikut maka kemungkinan besar domain kamu memang kena suspend icann. Mengenali Ciri-Ciri Domain Kena Suspend ICANNTerlihat hasil ping hanya tulisan “Ping request could not find host mogamugi.com. Please check the name and try again”
  3. Jika dicek kepemilikan domain menggunakan whois maka akan muncul tulisan Failed-whois-verification seperti terlihat pada gambar berikut. Failed-whois-verification
  4. Ada email pemberitahuan dari tempat sewa domain kalau kita harus segera verifikasi atau jika buka di dashboard tempat sewa domain biasanya ada keterangan suspended.

Pengalaman Mengatasi Domain Tidak Bisa Diakses (Suspend ICANN)

  1. Cek email masuk yang memberitahukan kita harus verifikasi whois, kemudian buka link / tautan yang ada pada body email tersebut, jika sudah expired maka caranya harus generate atau meminta link baru dari dashboard akun domain.
  2. Setelah verifikasi whois berhasil, tunggu 24-72 jam karena membutuhkan waktu untuk propagasi dns.
  3. Pastikan domain sudah mengarah (pointing) ke ip server, caranya bisa cek menggunakan check dns propagation online seperti pakai situs dnschecker.org. dns propagation onlineJika domain belum mengarah ke IP server hosting maka sebaiknya hubungi pihak penyedia domain dan tanyakan apakah dns (name server sudah benar atau belum) karena berdasar pengalaman saya, setelah domain kena suspend icann ternyata nameserver berubah mengarah ke nameserver lama atau default dari penyedia domain.
  4. Cek secara berkala dengan melakukan ping lewat cmd (ketik ping namadomain.com) jika sudah bisa maka akan muncul tulisan reply from….. atau bisa juga cek secara online menggunakan https://ping.eu/ping/. Pada kolom IP address or host name masukan nama domain lalu cek jika sudah ada perubahan maka akan muncul ip address server hosting kita. Cek ping domain onlineIngat cek secara berkala karena berdasar pengalaman proses propagasi dns setelah domain kena suspend ICANN membutuhkan waktu lebih dari 24 jam untuk normal kembali atau bisa diping.
  5. Jika domain sudah bisa diping namun blog belum bisa diakses maka caranya percepat proses dns propagation melalui file host di Windows. Cara file host biasanya ada di Drive C:\Windows\System32\drivers\etc kemudian edit dengan menambahkan 2 baris IP Address Hosting(spasi)nama domain. Contoh 188.166.0.233 mogamugi.com dan 188.166.0.233 www.mogamugi.com lalu save.

Seperti saya sebutkan diatas walaupun sudah melakukan verifikasi whois tetapi jika domain terlanjur suspend maka akan membutuhkan waktu 24 – 72 jam untuk normal kembali, dan kadang saat kita buka blog akan muncul halaman peringatan seperti gambar berikut.
Domain Kena Suspend ICANN Tidak Bisa Diakses, Jangan Panik Segera Lakukan Ini

Nah jika muncul seperti gambar diatas dan kamu sudah melakukan verifikasi itu menandakan proses propagasi belum selesai jadi sebaiknya tunggu lagi maksimal sampai 72 jam.

Kesimpulan

  1. Saat domain kena suspend icann segera lakukan verifikasi kepemilikan domain agar domain normal kembali dan jangan lewat dari 15 hari karena kalau tidak salah setelah 15 hari domain akan suspend permanen.
  2. Setelah verifikasi domain berhasil tunggu sampai 24 jam kemudian cek dengan ping lewat cmd atau cek ping online dan lihat apakah sudah ada reply dan ip benar mengarah ke ip hosting atau tidak.
  3. Jika hasil ping menunjukan reply dari IP hosting tapi blog / domain masih tidak bisa diakses biasanya muncul error not found maka coba akses domain menggunakan proxy atau bisa juga percepat propagasi dns dengan mengedit file host di Windows.

Demikianlah sedikit pengalaman domain kena suspend icann sehingga tidak bisa diakses, jadi tidak perlu panik asalkan masalah ini belum lewat 15 hari masih bisa diatasi yaitu dengan segera verifikasi whois melalui link yang dikirim via email yang kita pakai untuk kontak pada domain tersebut.

Advertisements

Catatan : setelah domain mogamugi.com suspend oleh icann kalau tidak salah membutuhkan waktu lebih dari 24 jam atau hampir 2 hari baru bisa normal kembali.

Leave a Reply