Home » Gmail » Cara Menghapus Akun Google Di HP Android

Cara Menghapus Akun Google Di HP Android

Cara menghapus akun Google di HP Android itu sangat mudah yaitu hanya perlu remove atau hapus akun yang diinginkan dari menu pengaturan lalu pilih kelola akun Google, biasanya hal ini dilakukan jika ingin mengganti akun Google Play Store atau Gmail di Android.

Sehingga akun tersebut masih ingin tetap bisa diakses dari pc, laptop atau HP lain, namun jika tujuannya ingin menghapus akun Google secara permanen maka caranya sedikit berbeda dan tentu saja akibatnya pun berbeda.

Jika kita pilih menonaktifkan akun Google permanen dari HP Android maka semua layanan Google tidak akan bisa diakses lagi termasuk akun Google Play Store, Google Drive maupun Gmail baik itu dari HP tersebut maupun dari perangkat lain termasuk laptop.

Agar bisa membedakan bagaimana cara menghapus akun Google dari HP Android dan menonaktifkan akun secara permanen maka pada kesempatan kali ini saya akan tunjukan cara untuk melakukan keduanya dan apa saja efeknya.

Cara Menghapus Akun Google Di HP Android

Langkah berikut ini hanya akan menghilangkan akun Google termasuk Gmail, Google Drive dan juga Google Play dari perangkat yang melakukan penghapusan namun akun masih bisa digunakan kembali atau kita masih bisa login dari perangkat lain, dan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan di HP Android kamu kemudian pilih Akun dan pencadangan.Akun dan pencadangan
  2. Selanjutnya pilih Akun lalu pilih akun Google / Gmail yang akan dihapus dari HP Android tersebut.pilih Akun lalu pilih akun Google
  3. Untuk melanjutkan, pilih Hapus Akun kemudian pilih lagi Hapus Akun, selesai.Cara Menghapus Akun Google Di HP Android

Langkah di atas bisa dilakukan dari berbagai merk HP Android termasuk Samsung, OPPO dan lainnya meskipun tampilannya mungkin sedikit berbeda tergantung merk HP dan OS Android yang digunakan namun langkahnya tetap sama, sebagai contoh jika dilakukan di HP OPPO A37, pilihan untuk hapus akun ada di bagian bawah dengan ikon tong sampah berbeda dengan Samsung.

Referensi Google.

Cara Menghapus Akun Google Permanen Dari HP Android (Gmail, Google Play, Google Drive)

Bagi kamu yang ingin menonaktifkan akun Gmail permanen di HP Android sehingga nantinya tidak bisa digunakan lagi untuk mengakses Google Play Store maupun Google Drive langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu pengaturan HP, lalu pilih Akun dan pencadangan.Akun dan pencadangan
  2. Pilih menu Akun kemudian pilih akun Gmail yang akan dihapus permanen.pilih Akun lalu pilih akun Google
  3. Pilih Akun Google seperti terlihat pada gambar berikut.Pilih Akun Google
  4. Pilih tab Data & personalisasi lalu pilih Hapus layanan atau akun Anda.Cara Menghapus Akun Google Permanen Dari HP Android
  5. Langkah selanjutnya tap Hapus akun Anda.
  6. Masukan kata sandi email Gmail yang akan dihapus selamanya kemudian tap Berikutnya.Masukan kata sandi email Gmail
  7. Centang pada dua item yang pada intinya menyatakan anda menyetujui semua dan ingin menghapus secara permanen akun Google dan semua datanya, dan terakhir tap tombol Hapus Akun.tap tombol Hapus Akun
  8. Jika berhasil maka akan muncul pemberitahuan yang menyatakan “Akun Google Anda dan semua datanya telah dihapus” seperti terlihat pada gambar di bawah ini.menonaktifkan akun Gmail permanen di HP Android

Jika Gmail Sudah Dihapus Permanen Apakah Bisa Didaftarkan Lagi?

Alamat Gmail yang sudah dihapus permanen tidak bisa didaftarkan lagi (setidaknya saat ini, entah kedepannya).

Jika menggunakan alamat Gmail yang sama saat buat akun Gmail akan muncul keterangan “nama pengguna tersebut telah digunakan. Coba yang lain.”nama pengguna tersebut telah digunakan. Coba yang lain

Kesimpulan:

Jika tujuan kamu adalah ingin menghilangkan akun Google seperti Gmail, Google Play Store dari HP entah karena ingin ganti pakai akun baru atau mungkin ingin menjual HP tersebut maka sebaiknya pilih hapus dari perangkat supaya nantinya akun tersebut masih bisa digunakan.

Sedangkan jika ingin menghapus secara permanen agar tidak bisa digunakan lagi maka silahkan lakukan seperti petunjuk yang sudah dibahas di atas dengan resiko akun tersebut tidak bisa dipulihkan dan nama email yang pernah dihapus tidak bisa didaftarkan kembali.

Jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan atau bisa baca lebih banyak informasi di halaman resmi Google berikut ini.