Cara Stabilkan Video Yang Goyang di Android Termudah

Ada banyak cara stabilkan video yang goyang di Android dan salah satu yang termudah adalah pakai Google Photo. Selain mudah, menstabilkan video hasil rekaman di HP Android pakai Google Photo adalah tidak perlu install aplikasi tambahan.

Karena seperti kita tahu rata-rata HP Android sudah terpasang Google Foto, jadi tinggal gunakan saja. Kelebihan lain adalah hasilnya cukup bagus, video lebih stabil tanpa kehilangan kualitas.

Berbeda dengan aplikasi lain seperti CapCut misalnya, ketika kami coba dengan video yang sama hasilnya kurang maksimal. Video masih terlihat tidak stabil atau ada goyang pada beberapa bagian.

Advertisements

Sedangkan ketika menstabilkan video dengan Google Foto, hasilnya cukup bagus, berbeda dengan aslinya yang bergoyang. Jadi berdasarkan pengalaman kami salah satu cara terbaik untuk stabilkan video di HP Android adalah pakai Google foto.

Cara Stabilkan Video Yang Goyang di Android

  1. Buka aplikasi Google Foto.
  2. Kemudian pilih video yang akan kamu stabilkan.
  3. Tap pada video lalu pilih Edit.
    Cara Stabilkan Video Yang Goyang di Android
  4. kemudian tap Ikon Stabilkan.
  5. Tunggu proses menstabilkan video di Google Photo sampai selesai.
  6. Jika sudah selesai tap Simpan Salinan.
    Edit Video di Google Foto
  7. Setelah selesai nanti akan ada dua buah file dengan nama yang hampir sama. Untuk video hasil akan ada tambahan angka 2 seperti terlihat pada gambar berikut.
    Hasil Video Stabil

Selain bisa untuk menstabilkan video yang goyang, aplikasi Google Foto juga bisa untuk menghilangkan suara di video atau mute.

Setelah proses stabilkan video hasil rekaman yang goyang tersebut jangan lupa pilih simpan salinan. Tujuannya agar video hasil editan di Google Foto tersimpan ke galeri HP.

Nantinya akan ada dua file, untuk video hasil yang sudah kamu edit atau stabilkan pada nama file akan ada tambahan angka 2.

Jadi untuk membedakan mana yang asli dan mana hasil editan kamu bisa bedakan dari nama filenya. Selain itu bisa juga dengan putar kembali video tersebut karena akan sangat terlihat perbedaanya.

Yang asli akan terlihat masih bergoyang sedangkan hasil editan lebih stabil.

Salah satu kekurangan cara ini adalah jika video durasi video cukup panjang misalnya 10 menit atau lebih maka prosesnya akan lama.

Selain itu jika memory internal HP sudah sedikit dan video yang kamu stabilkan ukurannya besar, maka kemungkinan proses tidak berjalan.

Biasanya jika memory sudah hampir penuh, ketika klik ikon Stabilkan tidak ada proses apa-apa. Padahal dalam keadaan normal harusnya muncul progress bar “Menstabilkan”.

Jadi apabila kamu coba stabilkan video di HP Android pakai Google Photo lalu tidak ada progress maka periksa sisa memori HP.

Jika sudah sedikit ruang penyimpanan tersisa sebaiknya hapus dulu file video atau foto yang ada. Setelah itu baru ulangi lagi proses menstabilkan video yang bergetar dengan Google Foto.

Tanya Jawab

Kenapa Stabilkan Video Yang Goyang Pakai Google Photo Tidak Jalan?

Periksa kembali sisa ruang penyimpanan atau memori, jika sudah hampir penuh dan ukuran video besar biasanya memang stuk. Kemudian pastikan juga video tersebut tidak sedang kamu buka dengan aplikasi lain.

Kenapa File Video Menjadi 2?

Memang akan menjadi dua buah, yang satu adalah video aslinya dan yang kedua adalah video hasil editan yang sudah stabil.

Ada perbedaan nama file pada kedua video tersebut, yang sudah stabil biasanya ada tambahan angka 2 pada akhir nama file.

Penutup

Ada banyak aplikasi untuk stabilkan video yang goyang di HP Android yang bisa kamu pilih. Tetapi dari hasil pengalaman kami Google Photo adalah salah satu yang terbaik.

Kami sudah pernah mencoba bandingkan hasil rekaman dari HP dan stabilkan dengan Filmora dan Adobe Premier di laptop. Ternyata menstabilkan video dengan Google Foto hasilnya masih lebih bagus.

Ketika menggunakan Filmora dan Adobe Premier masih terlihat ada bagian yang bergoyang. Ada juga bagian yang kena zoom atau terpotong jadi terlalu dekat.

Sedangkan hasil dari Google Photo tidak demikian, hasilnya lebih halus dan tidak ada bagian yang diperbesar atau zoom.

Kelebihan lainnya adalah kita tidak perlu repot melakukan pengaturan, cukup buka video dengan Google Foto lalu edit dan stabilkan.

Selain bisa menstabilkan video yang getar, aplikasi ini bisa juga kamu gunakan untuk menghilangkan suara di video hasil rekaman.

Caranya adalah dengan klik ikon speaker saat mengedit kemudian jangan lupa simpan salinan.

Jadi bagi kamu yang sering membuat video vlog dengan HP lalu akan upload ke YouTube, TikTok, IG Reels dan hasilnya goyang maka silahkan coba tips yang kami bagikan di atas.

Advertisements

Demikianlah info mengenai cara stabilkan video hasil rekaman di HP Android yang goyang dengan Google Foto. Selamat mencoba, jika masih kurang jelas silahkan tanyakan lewat kolom komentar.

Leave a Reply