Gmail adalah salah satu layanan gratis email dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk menerima dan mengirim email. Layanan ini bisa diakses melalui web browser maupun aplikasi.

Saat ini Gmail menjadi salah satu layanan email yang paling banyak penggunanya. Tentu saja hal ini tidak mengherankan, mengingat dengan akun Gmail pengguna bisa mengakses berbagai produk Google lainnya.

Seperti YouTube, blogger, Google Play Store, Google Dokumen, maupun Google Drive. Inilah salah satu alasan yang membuat kenapa Gmail sangat populer.

Pengertian Gmail Secara Singkat

Pengertian Gmail

Gmail adalah layanan surat elektronik atau e-mail dari Google. Layanan ini hadir sejak tahu 2004 namun baru pada tahun 2007 bisa diakses oleh umum dalam status beta.

Baru pada 7 Juli 2009 status beta berakhir, dan akhirnya saat ini layanan e-mail milik Google ini menjadi salah satu yang paling banyak penggunaanya.

Layanan surel dari Google ini bisa sukses menjadi yang paling populer karena bisa digunakan untuk mengakses produk Google lainnya.

Jadi bukan hanya untuk mengirim email saja, tetapi bisa untuk membuat akun YouTube, Blogger, Google Drive, Google Docs dan lainnya.

Tidak hanya bisa untuk mengakses produk Google tetapi akun email Gmail juga bisa untuk mengakses atau mendaftar layanan pihak ke-3.

Contohnya kita bisa membuat akun Shopee dengan akun Google tanpa harus repot menulis ulang alamat email. Bukan hanya Shopee tetapi masih banyak layanan lain yang bisa langsung registrasi menggunakan akun Google.

Misalnya Pinterset, Tokopedia, Twitter, TikTok, dan masih banyak lagi.

Inilah alasan lain yang membuat layanan dari Google ini terus semakin banyak penggunanya. Tidak hanya bisa untuk mengakses layanan dari Google itu sendiri tetapi bisa untuk mengakses layanan dari pihak ke 3.

Berbeda dengan layanan email gratis dari pihak lain seperti Yahoo misalnya yang rata-rata hanya bisa kita gunakan untuk mengakses akun Yahoo saja.

Apa Saja Manfaat Gmail?

Salah satu manfaat atau fungsi utamanya adalah tentu untuk mengirim dan menerima surel. Misalnya untuk mengirim surat lamaran pekerjaan, tugas sekolah, mengakses zoom.

Sedangkan manfaat lainnya adalah bisa kita gunakan untuk mendaftar blogger, YouTube maupun platform lain. Karena Gmail adalah bagian dari layanan Google sehingga dengan membuat akun Gmail maka otomatis akan memilik akun Google.

Nah akun Google inilah yang memiliki fitur untuk otorisasi saat kita daftar di layanan pihak ke 3.

Secara garis besar, berikut adalah manfaatnya:

  1. Untuk mengirim dan menerima email baik di HP Android maupun laptop atau pc.
  2. Bisa untuk membuat blog di blogger, wordpress, daftar YouTube maupun akun sosial media atau layanan lain termasuk marketplace.
  3. Untuk mengakses produk Google lainnya terutama Google Play Store di HP Android.

Kelebihan dan Kelebihan Gmail

Kelebihan

  1. Kapasitas cukup besar yaitu mencapai 15 GB.
  2. Bisa diakses dari berbagai perangkat dengan mudah terutama di HP Android berbeda. Jadi jika kita memiliki lebih dari satu HP Android maka bisa menggunakan akun yang sama secara bersamaan.
  3. Terintegrasi dengan produk Google lainnya. Misalnya jika ingin membuat blog di blogger.com maka cukup gunakan akun yang sudah ada tidak perlu buat baru, begitu juga jika ingin mengakses Google Dokumen, atau Google Drive.
  4. Minim spam. Ini sangat berguna untuk menghindari pengguna menerima email masuk dari alamat atau akun-akun yang terindikasi spam sehingga inbox tidak akan penuh dengan email yang sebetulnya tidak kita butuhkan.
  5. Bisa meneruskan email masuk otomatis ke alamat lain termasuk ke Yahoo. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin auto forward email masuk tanpa harus repot meneruskan secara manual.

Kekurangan

  1. Beberapa email masuk mungkin akan ditandai sebagai spam, meskipun sebetulnya bukan.
  2. Kapasitas file lampiran hanya 25 MB sehingga jika ingin kirim file besar harus melalui Google Drive atau upload dulu ke layanan lain seperti Dropbox misalnya.

Tentu saja untuk kekurangan, sebetulnya hampir semua layanan penyedia email gratis memiliki sisi kekurangan yang hampir sama.

Namun jika kita lihat dari segi keunggulan atau kelebihan, jelas saat ini Gmail merupakan salah satu layanan email gratis terbaik.

Tanya Jawab

Apa Beda Gmail Dengan Akun Google?

Gmail merupakan bagian dari akun Google. Jika kita hapus akun Gmail permanen maka akun Google masih ada atau tidak terhapus.

Sebaliknya jika kita nonaktifkan akun Google secara permanen maka semua layanan akan ikut terhapus termasuk akun email Gmail.

Apa Bisa Mengganti Alamat Email Yang Sudah Jadi?

Tidak bisa, jika ingin memiliki atau menggunakan alamat email Gmail lain maka harus daftar akun baru.

Apa Bisa Memiliki Lebih Dari Satu Akun Gmail?

Bisa, bahkan saat ini pengguna Android bisa dengna mudah membuat banyak akun email Gmail dari HP.

Penutup

Gmail adalah salah satu layanan email gratis dari Google yang berfungsi untuk mengirim dan menerima surat elektronik.

Setelah membuat akun maka pengguna bisa mengakses melalui berbagai perangkat berbeda. Misalnya melalui Android bisa menggunakan aplikasi Gmail sedangkan jika dari laptop bisa melalui web browser.

Tidak hanya via web browser tetapi akun e-mail dari Gmail ini bisa kita kelola melalui e-mail client seperti Mozilla Thunderbird.

Sehingga tidak perlu repot harus login ke setiap kali ingin membuka atau membalas pesan masuk. Cukup buka aplikasi Mozilla Thunderbird maka pengguna bisa mengelola semua email masuk dengan cepat.

Selain aplikasi Mozilla Thunderbird pengguna juga bisa mengakses akun email menggunakan software outlook express.

Tetapi tentu saja selain username dan password, kita juga harus melakukan beberapa pengaturan di akun Gmail. Hal terpenting adalah mengaktifkan Penerusan dan POP/IMAP.

Kemudian setelah itu melakukan pengaturan di aplikasi outlook express, untuk lebih jelasnya bisa cek halaman bantuan Google ini.