Kali ini kami akan membahas tentang apa itu Email (e-mail) atau electronic mail yang dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik.

Email adalah suatu sarana untuk mengirim pesan melalui jaringan komputer misalnya internet. Ray Tomlinson adalah orang yang pertama kali menggunakan konsep mengirim pesan pada komputer pada akhir tahun 1971.

Awalnya dia mengembangkan sebuah program komputer yang bernama SNDMSG. Fungsinya adalah untuk menginggalkan pesan pada komputer dengan tujuan orang lain yang menggunakan komputer tersebut dapat membacanya.

Eksperimen tersebut terus belanjut, sampai akhirnya pada akhir tahun 1971 dia berhasil mengirim email untuk pertama kali di dunia.

Apa Itu Email atau Surat Elektronik?

Apa Itu Email atau Surat Elektronik

Secara singkat arti email adalah sebuah sistem yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan melalui perangkat elektronik yang terhubung ke internet.

Adapun pesan yang bisa terkirim pada umumnya berupa teks, gambar, video maupun dokumen.

Untuk mengirim dan menerima surat elektronik membutuhkan akun atau alamat email, software atau email client maupun web browser.

Beberapa penyedia layanan surat elektronik gratis populer saat ini adalah Gmail, Yahoo dan lainnya. Sedangkan software atau e-mail client yang bisa kita gunakan misalnya Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird dan lainnya.

Sering perkembangan, e-mail tidak hanya berfungsi untuk mengirim maupun menerima pesan elektronik. Namun saat ini berguna juga untuk membuat akun sosial media, internet banking, dan layanan publik lainnya.

Jadi secara garis besar untuk bisa mengirim maupun menerima pesan via e-mail membutuhkan beberapa hal yaitu:

  1. Akun atau alamat e-mail. Ini bisa kita dapat dari penyedia layanan e-mail berbayar maupun gratis seperti Yahoo Mail, Gmail, Outlook, Zoho, Aol.
  2. E-mail client seperti Windows Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, aplikasi Gmail maupun web browser seperti Google Chrome, Edge, Mozilla Firefox.
  3. Koneksi internet.

Tanpa ke 3 hal tersebut tentu akan sulit untuk menerima maupun mengirimkan pesan lewat surel. Untuk pengguna smartphone bisa menggunakan aplikasi bawaan Android seperti Gmail atau bisa juga dengan aplikasi Yahoo Mail.

Karena saat ini baik Yahoo Mail Android maupun Gmail Android bisa untuk mengakses berbagai alamat email. Tidak lagi terbatas hanya bisa untuk akses akun e-mail dari penyedia aplikasi saja.

Dengan kata lain saat ini kita bisa login atau mengakses e-mail Yahoo dari Gmail maupun sebaliknya.

Apa Saja Fungsi E-Mail?

Ada beberapa kegunaan atau fungsi dari e-mail misalnya:

Untuk Menerima dan Mengirim Pesan

Ini merupakan salah satu fungsi utama dari mail, yaitu untuk mengirimkan dan menerima pesan secara elektronik.

Pesan yang bisa kita terima atau kirim bisa berupa teks, video, dokumen, tautan dan lainnya termasuk untuk mengirim lamaran pekerjaan.

Sebagai Identitas Diri

Salah satu identitas yang sering digunakan di dunia maya adalah email. Ini berfungsi sebagai pengenal atau identitas ketika membuat akun sosial media, seperti Facebok, Twitter, Instagram, Tiktok dan lainnya.

Tidak hanya untuk salah satu identitas saat membuat akun sosial media. Email juga akan kita perlukan ketika daftar akun e-commerce, daftar internet banking dan lain sebagainya.

Media Promosi

Saat ini ada banyak orang maupun perusahaan yang menggunakan email sebagai media promosi. Tentu saja untuk bisa menerima promosi atau penawaran via e-mail kita harus berlangganan atau setidaknya mendaftar ke layanan tersebut.

Misalnya ketika kita sudah daftar akun marketplace, biasanya secara periodik akan menerima promosi via email.

Layanan Email Gratis dan Berbayar, Apa Bedanya?

Email gratis tentu bisa kita gunakan tanpa harus membayar atau mengeluarkan uang, contohnya Gmail, Yahoo, Outolook, Zoho.

Sedangkan layanan e-mail berbayar hanya bisa kita gunakan jika sudah membayar atau memiliki hosting dan domain sendiri.

Contohnya jika kamu memiliki usaha, ukm, atau pt, cv maka bisa membuat email dengan namaperusahaan.com misalnya.

Untuk memiliki alamat email sendiri ada beberapa cara yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Sewa domain dan hosting lalu membuat akun email sendiri dari cpanel. Kamu bisa buat alamat email dengan nama perusahaan sendiri, mengatur batas maksimal kapasitas e-mail dan lainnya.
  2. Menggunakan layanan pihak penyedia layanan e-mail berbayar seperti Google Workspace. Pilihan yang kedua ini tidak membutuhkan hosting karena hanya membutuhkan domain dengan nama yang kamu inginkan.

Alternatif lain bagi yang ingin memiliki alamat e-mail dengan domain sendiri bisa juga menggunakan layanana Zoho Mail.

Syaratnya adalah memiliki domain dan hosting lalu registrasi ke Zoho mail dan setelah itu buat akun e-mail dengan nama domain kamu.

Langkah berikutnya adalah menghubungkan Zoho mail ke domain dan hosting.

Selain harus membayar dan gratis perbedaan lain dari kedua jenis e-mail tersebut adalah:

Kekurangan E-Mail Gratis

Nama pengguna bisa kita buat jika belum ada orang lain yang mendaftarkan. Misalnya kamu membuat akun Gmail lalu ingin daftar pakai nama santi@gmail.com.

Tentu ini akan sangat sulit karena kemungkinan besar sudah ada yang menggunakan akun atau alamat e-mail tersebut.

Kekurangan lainnya dari layanan e-mail gratis adalah batas maksimal file yang bisa kita kirim terbatas. Pada umumnya maksimal hanya bisa mengirim sebesar 25 MB.

Selain itu ada kemungkinan akun ditutup permanen karena dianggap melanggar kebijiakan.

Bisa juga karena lupa sandi kemudian nomor hp sudah tidak aktif dan tidak ada alamat email pemulihan sehingga tidak bisa reset password.

Kekurangan E-Mail Berbayar

Membutuhkan pemeliharaan atau maintenance jika kamu pilih model sewa domain dan hosting sendiri. Selain itu total kapasitas e-mail juga biasanya tidak terlalu besar untuk setiap akun, karena tergantung dari space hardisk hosting yang kamu sewa.

Tanya Jawab

Alamat Email dan Contohnya?

Seperti sudah kami sebutkan sebelumnya, alamat email merupakan kombinasi dari nama pengguna dan domain penyedia layanan e-mail.

Contohnya jika membuat di Gmail maka akan menjadi indahpermata@gmail.com, yang mana indahpermata adalah nama pengguna dan gmail.com adalah domain.

Sedangkan jika kamu membuat di Yahoo maka akan menjadi indahpermata@yahoo.com.

Apakah Akun Email dan Gmail Sama?

Gmail adalah salah satu layanan surel, jadi e-mail bukan hanya Gmail. Masih ada banyak lagi yang gratis seperti Yahoo, Outlook, Zoho dan lainnya.

Artinya apabila kita berbicara tentang e-mail, maka Gmail adalah salah satu contoh atau bagian dari e-mail itu sendiri.

E-mail bukan berarti mutlak Gmail saja karena ada banyak penyedia layanan yang sama, baik gratis maupun berbayar.

Namun jika berbicara perbedaan aplikasi Email dan Gmail di Android maka akan berbeda lagi.

Keduanya merupakan sama-sama aplikasi untuk membuka, mengirim, membalas e-mail dari penyedia app yang berbeda.

Penutup

Penemu email adalah Ray Tomlinson pada tahun 1971. Dia juga yang memperkenalkan lambang @ atau at yang berfungsi sebagai identitas email untuk memisahkan antara Identitas pengguna dengan domain.

Contohnya indahpermata@gmail.com, artinya indahpermata adalah nama pengguna e-mail sedangkan gmail adalah nama domain penyedia layanan. Kemudian untuk .com itu sendiri adalah sebuah domain extension atau top level domain.

Dari contoh tersebut bisa terlihat fungsi @ adalah untuk memisahkan nama pengguna dan domain dari penyedia layanan email.

Ini berlaku global, bukan hanya Gmail saja tetapi semua struktur alamat e-mail akan sama seperti itu.

Demikianlah sedikit informasi mengenai e-mail yang bisa kami bagikan saat ini, semoga bermanfaat.