Menghapus Akun WhatsApp Permanen, Ini Caranya

Mungkin ada berbagai alasan kenapa harus menghapus akun WhatsApp permanen, yang pasti caranya cukup mudah. Setelah akun WhatsApp nonaktif maka nomor tersebut tidak akan muncul lagi di daftar kontak WhatsApp. Dengan demikian orang lain tidak bisa menghubungi via chat maupun panggilan.

Namun kamu perlu tahu, meskipun kita sudah hapus nomor WhatsApp tapi chat di teman yang pernah kita kirim akan tetap ada. Jadi penghapusan akun tidak akan secara otomatis ikut menghapus pesan di WhatsApp orang lain.

Oleh karena itu bila tujuan menghapus akun WhatsApp adalah untuk hapus chat yang kita kirim di teman maka salah besar. Chat tersebut akan tetap ada di kontak yang pernah kita kirim karena datanya ada pada HP pemilik akun WhatsApp.

Advertisements

Lalu apa yang terjadi setelah nonaktifkan akun WhatsApp, selain orang tidak bisa kirim chat lagi?. Yang terjadi adalah kita akan keluar dari semua grup yang kita ikuti. Begitu nomor WhatsaApp terhapus, otomatis akan ada notifikasi ke grup bahwa nomor tersebut meninggalkan grup.

Cara Menghapus Akun WhatsApp Permanen

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu pilih menu titik 3 yang ada di pojok kanan atas.
  2. Pilih Setelan.
    Menu Setelah WA
  3. Kemudian pilih Akun.
  4. Pilih Hapus Akun Saya.
    Cara Menghapus Akun WhatsApp Permanen
  5. Masukan nomor akun WhatsApp yang akan kamu hapus lalu pilih Hapus Akun Saya.
  6. Akan muncul pilihan alasan menghapus akun WhatsApp, lewati saja dengan cara pilih tombol Hapus Akun Saya.
    Nonaktifkan akun WhatsApp
  7. Terakhir akan muncul lagi pertanyaan “Lanjutkan untuk menghapus akun Anda?. pilih Hapus Akun Saya.

Jika proses penghapusan akun berhasil maka akan muncul tampilan WhatsApp untuk registrasi atau buat akun.

Kemudian pada semua grup yang kamu ikuti akan muncul notifikasi nomor tersebut keluar dari grup. Sedangkan pesan yang kamu kirim ke grup maupun teman akan tetap ada tidak ikut terhapus.

Berikut adalah bukti, jika menghapus nomor akun WhatsApp permanen tidak ikut menghapus chat yang pernah kita kirim.

Chat Grup WhatsApp

Terlihat pada gambar, chat maupun foto yang sudah terkirim di chat WhatsApp teman maupun grup tetap ada meskipun akun sudah kita hapus secara permanen.

Jelas bukan, kalau hapus akun WA tidak akan bisa menghapus chat yang sudah terkirim di teman. Jadi menghapus nomor WhatsApp ini bukan solusi untuk hapus chat termasuk foto atau video yang sudah terkirim di teman.

Karena untuk hal tersebut memang tidak ada solusinya, itu sebabnya harus teliti dan hati-hati sebelum mengirim chat.

Cara di atas berlaku sama untuk hapus akun WhatsApp biasa maupun menghapus WhatsApp bisnis.

Baca Juga : Cara Install 2 WhatsApp di HP Samsung.

Tanya Jawab

Jika Akun WhatsApp Sudah Dihapus Apa Bisa Daftar Lagi?

Kamu bisa gunakan nomor yang sama untuk daftar WhatsApp tidak ada masalah. Kecuali jika nomor tersebut terindikasi spam oleh WhatsApp maka kemungkinan tidak bisa daftar WhatsApp pakai no tersebut.

Apa Orang Lain Tahu Kita Menghapus Akun WhatsApp?

Ya, orang lain bisa tahu kita sudah tidak memiliki akun WhatsApp setelah melakukan penghapusan. Cara mereka tahu adalah dengan hilangnya nomor kita dari daftar kontak WhatsApp mereka.

Kemudian jika orang tersebut satu grup maka akan tahu dari notifikasi yang muncul di grup yang kita ikuti. Cara lain untuk tahu nomor WhatsApp tidak aktif atau sudah dihapus adalah tidak bisa menerima pesan maupun panggilan.

Jika Daftar Lagi Pakai No Yang Sama Apa Otomatis Masuk ke Grup Sebelumnya?

Tidak, untuk masuk ke grup WhatsApp yang pernah kita ikuti harus gabung lagi melalui link undangan. Bisa juga dengan cara ditambahka oleh admin grup.

Jika kamu hapus nomor akun WhatsApp lalu daftar lagi pakai nomor yang sama maka tidak otomatis masuk ke grup yang sama dengan sebelumnya.

Apa Bisa Menghapus WhatsApp Dari HP Lain?

Untuk bisa menghapus akun WhatsApp kamu harus dalam kondisi bisa membuka aplikasi WhatsApp tersebut. Jadi jika akun ada di HP lain maka kamu tidak bisa hapus akun tersebut kecuali login dulu menggunakan nomor yang sama.

Setelah login ke WhatsApp dari HP berbeda maka pada HP sebelumnya akan otomatis keluar atau logout. Tetapi akun belum terhapus, jika ingin mengapus maka lakukan penghapusan dengan cara yang kami jelaskan di atas.

Kesimpulan

Cara menghapus akun WhatsApp permanen maupun sementara itu mudah, namun kamu harus tahu apa tujuan dan akibatnya. Jika tujuan kamu adalah untuk tidak menggunakan nomor tersebut lagi maka langkahnya sudah benar.

Tetapi jika maksud menonaktifkan nomor WhatsApp karena agar bisa menghapus chat WhatsApp di teman maka jelas salah.

Karena seperti sudah kami jelaskan di atas, proses penghapusan akun WhatsApp tidak akan ikut menghapus chat yang ada di kontak kita.

Chat di kontak maupun grup akan tetap ada dan bisa terbaca oleh orang lain meskipun akun WhatsApp sudah kita hapus.

Sebaiknya lakukan penghapusan akun jika merasa tidak nyaman, atau banyak chat spam yang masuk misalnya. Tapi jika tujuannya ingin menggunakan nomor lain maka kamu bisa mengganti nomor WhatsApp dengan yang baru.