Transfer Uang Lewat ATM BCA Ke Sesama & Bank Lain

Cara transfer uang lewat ATM BCA ke sesama BCA atau bank lain memang agak sedikit berbeda. Perbedaanya tidak banyak, yaitu hanya pada saat pilih bank tujuan dan kode bank saja. Jika kirim uang BCA ke BCA maka tidak pakai kode transfer sedangkan jika ke bank lain harus pakai kode transfer.

Contohnya jika ingin transfer ke Bank Syariah Indonesia maka harus menggunakan kode 451, BRI 002, BNI 009 dan seterusnya. Kemudian perbedaan lainnya adalah ada biaya transfer BCA ke bank lain yaitu 6.500 rupiah. Sedangkan jika transfer lewat ATM BCA ke BCA tidak kena biaya admin.

Meskipun pakai kode bank, tapi kalau kamu tidak tahu maka bisa langsung cek di ATM BCA. Caranya saat akan transfer ke bank lain pilih Daftar Sandi Bank. Kemudian cari kode bank tujuan transfer uang di ATM BCA lalu pilih kembali untuk input no rekening.

Advertisements

Untuk lebih jelasnya silahkan cek panduan kirim uang lewat ATM BCA berikut ini.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA ke Bank Lain

  1. Pergi ke ATM Bank BCA terdekat.
  2. Kemudian masukan kartu ATM BCA.
  3. Lalu masukan PIN.
  4. Pilih menu Transaksi Lainnya.
    Transfer di ATM BCA
  5. Kemudian pilih Transfer.
    Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA ke Bank Lain
  6. Selanjutnya pilih Rek Bank Lain.
    Pilih Rek Bank Lain
  7. Masukan 3 digit kode bank. Misalnya jika ke BRI maka pakai kode 002, Mandiri 008, BSI 451, BNI 009 dan seterusnya. Jika tidak tahu kodenya pilih Daftar Sandi Bank lalu cari kode transfer bank tujuan.
  8. Kemudian masukan jumlah uang yang akan kamu transfer lewat ATM BCA minimal 10.000.
  9. Masukan nomor rekening penerima uang.
  10. Cek kembali apakah no rekening, nama pemilik dan jumlah uang sudah benar. Pilih Benar untuk melanjutkan.
  11. Tunggu transaksi sampai selesai dan setelah berhasil maka ambil struk bukti transfer dan jangan lupa ambil kartu ATM.

Setelah transfer uang berhasil maka saldo rekening penerima akan langsung bertambah. Mengirim uang dari ATM BCA ke bank lain bisa kamu lakukan di semua ATM BCA baik ATM setoran tunai maupun ATM tarik tunai.

Meskipun pada layar mesin ATM saat konfirmasi tidak terlihat ada biaya admin tetapi untuk setiap kali transfer antar bank via ATM BCA akan kena biaya transfer 6.500.

Ini bukan hanya melalui ATM BCA saja, tetapi berlaku juga jika kamu transfer lewat m banking BCA, internet banking maupun myBCA.

Cara Transfer BCA ke BCA Lewat ATM

  1. Masukan kartu ATM lalu PIN.
  2. Selanjutnya pilih Menu Transaksi Lainnya.
  3. Pilih Transfer.
  4. Kemudian pilih Ke Rek BCA.
    Transfer ATM BCA ke BCA
  5. Masukan nominal transfer ke sesama BCA minimal 10.000.
  6. Lalu masukan nomor rekening BCA tujuan.
  7. Cek kembali apakah no rek, nama penerima, dan jumlah uang sudah benar atau belum. Pilih Benar untuk melanjutkan transaksi.
  8. Tunggu sampai proses transfer selesai dan struk keluar dari ATM BCA.

Jika kita lihat pada kedua langkah di atas, perbedaanya hanya pada saat akan memilih rekening tujuan dan kode transfer.

Apabila kirim ke sesama Bank BCA maka langsung masukan nominal lalu nomor rekening. Sedangkan jika transfer dari ATM BCA ke bank lain maka yang pertama kita input adalah kode bank tujuan.

Tanya Jawab

Berapa Biaya Transfer ATM BCA ke Bank Lain?

Biaya transfer BCA ke bank lain seperti Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Indonesia (BSI), BTN, Permata dan lainnya sama yaitu 6.500.

Berapa Batas Minimal Transfer Lewat ATM BCA?

Batas minimal kirim uang dari BCA ke BCA maupun antar bank sama yaitu 10.000 rupiah. Jadi tidak bisa kurang dari 10.000 misalnya 5.000, 2.000, 6.000 dan seterusnya.

Transfer Antar BCA Berhasil Saldo Tidak Bertambah?

Jika transfer uang lewat ATM BCA sudah berhasil seharusnya uang akan masuk ke rekening tujuan apalagi sesama BCA. Oleh karena itu coba cek kembali di mutasi rekening BCA penerima apakah muncul atau tidak.

Kadang uang sudah masuk tapi terpotong otomatis karena rekening BCA penerima awalnya kurang dari saldo minimal. Sehingga ketika ada transferan masuk ke BCA saldonya berkurang untuk potongan biaya admin tabungan atau kartu ATM.

Itu sebabnya cek pada mutasi rekening atau bisa juga cetak rekening koran jika masih kurang yakin. Kemungkinan lain karena bank sedang offline sehingga saldo penerima belum bertambah. Jika offline maka biasanya saldo akan langsung bertambah otomatis saat jam online.

Kesimpulan

Seperti terlihat pada penjelasan di atas, cara transfer uang lewat ATM BCA ke BCA maupun bank lain cukup mudah. Jika transfer ke rekening bank lain yang perlu kamu input pertama adalah kode transfer bank tujuan.

Apabila tidak tahu kodenya maka bisa pilih menu Daftar Sandi Bank, setelah itu cari nama bank tunjuan dan kodenya. Untuk Bank Syariah Indonesia atau BSI jika tidak ada maka bisa pilih BSM (Bank Syariah Mandiri) dengan kode 451.

Biaya transfer uang dari BCA ke bank lain adalah 6.500 sedangkan untuk transfer sesama BCA dari ATM tidak kena biaya admin.

Advertisements

Dengan catatan, kamu melakukan transfer dari ATM BCA bukan transfer di mesin ATM bank lain karena tentu akan kena biaya admin.