Bank Negara Indonesia atau BNI adalah salah satu bank BUMN yang berdiri pada 5 Juli tahun 1946. Bank ini memiliki banyak cabang di Indonesia maupun luar negeri.

Pada tahun 1955 peran Bank Negara Indonesia beralih menjadi bank pembangunan. Berdasarkan Undang-Undang Darurat nomor 2 tahun 1955 status BNI beralih menjadi bank umum.

Kemudian pada tahun 1969 status Bank Negara Indonesia menjadi Persero dengan nama PT Bank Negara Indonesia. Sampai saat ini BNI merupakan salah satu bank tertua yang ada di Indonesia dan tentu saja memilki berbagai produk perbankan.

Sama seperti Bank BUMN lainnya, Bank Negara Indonesia menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

BNI atau Bank Negara Indonesia

Artikel Seputar BNI

Misalnya ada SMS Banking, ATM, Mobile Banking, Internet Banking, maupun Debit Online. Bahkan saat ini masyarakat bisa membuka rekening secara online tanpa harus ke cabang dulu.

Pembukaan rekening online memang menjadi trend saat ini, karena bank lain seperti BRI, dan Mandiri pun menyediakan layanan serupa.

Namun untuk BNI dan BRI masih harus ke cabang untuk mengambil kartu ATM dan buku tabungan. Sedangkan Mandiri bisa pilih antar kartu ATM ke alamat rumah.

Tidak hanya bisa buka tabungan online, tetapi saat ini BNI juga sudah memiliki fitur untuk tarik tunai tanpa kartu ATM. Layanan ini bisa menjadi solusi ketika ingin mengambil uang tapi tidak membawa kartu ATM.

Untuk bisa mengambil uang tanpa kartu, nasabah cukup gunakan aplikasi BNI Mobile lalu akses menu mobile tunai. Setelah itu pilih nominal uang dan pergi ke ATM Bank Negara Indonesia terdekat.

Sayangnya berbeda dengan BRI dan Mandiri yang hanya menggunakan kode transaksi. Untuk Mobile tunai Bank Negara Indonesia masih menggunakan kode otp yang terkirim via SMS.

Sehingga nasabah harus tetap membawa HP yang terdaftar ke layanan mobile banking untuk melihat kode tersebut.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang sejarah Bank Negara Indonesia maka kamu bisa cek di halaman tentangbni ini.