PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau Bank BRI adalah salah satu bank terbesar milik pemerintah di Indonesia. Awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden.

Berdiri pada 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah dan pendirinya adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1 BRI menjadi Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia.

Pada tahun 1948 kegiatan BRI sempat terhenti kemudian aktif kembali pada tahun 1949. Tetapi berganti nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat.

Sempat beberapa kali mengalami perubahan nama, sampai akhirnya pada 16 Desember 1968 resmi menjadi Bank Rakyat Indonesia.

BRI atau Bank Rakyat Indonesia

Kemudian pada tahun 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No.7 berubah status hukum menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero).

Jika kita lihat dari sejarahnya, tidak mengherankan jika Bank Rakyat Indonesia ini menjadi salah satu yang terbesar. Apalagi faktanya, BRI adalah salah satu bank yang paling sering kita jumpai sampai ke pelosok.

Beberapa Jenis Tabungan BRI

Berdasarkan data yang kami kumpulkan, setidaknya saat ini ada 11 jenis tabungan Bank Rakyat Indonesia yaitu:

  1. Britama
  2. Britama X
  3. Britama Rencana
  4. Britama Bisnis
  5. Britama Valas
  6. Simpedes
  7. Simpedes TKI
  8. Tabungan Haji
  9. Tabungan BRI Junio
  10. BRI Simpel
  11. BRI TabunganKu

Untuk info lebih lengkap mengenai syarat buka tabungan, saldo minimum, setoran awal, biaya bulanan dan lainnya. Bisa langsung cek di halaman resmi Bank Rakyat Indonesia ini.

Saat ini membuka rekening di Bank BRI sudah sangat mudah, bisa datang ke kantor cabang terdekat atau online. Jika tidak ada waktu bahkan tanpa NPWP pun bisa membuka rekening online lewat HP.

Namun jika ingin membuat tabungan online lewat HP, siapkan dulu eKTP, nomor HP, email aktif karena 3 hal tersebut akan kamu perlukan.

Setelah pembukaan rekening berhasil langkah selanjutnya adalah melakukan setoran awal. Setelah itu maka rekening bisa kamu gunakan dan untuk kartu ATM serta buku tabungan harus ambil di kantor cabang.

Tapi jika belum sempat mengambil kartu ATM maka kamu bisa transaksi menggunakan aplikasi BRImo. Karena jika membuka rekening secara online bisa langsung aktivasi mobile banking (BRImo).

Artikel Terkait

Cara Transfer Dari BRI Ke BCA
Cara Melihat Bukti Transfer di BRImo
Cara Tarik Uang Tanpa Kartu ATM
Kirim Uang BRI ke Bank Syariah Indonesia (BSI)