Transfer BRI ke BCA Lewat ATM dan BRImo dari HP

Ada dua cara mudah transfer BRI ke BCA lewat ATM dan menggunakan BRImo dari HP. Tentu saja keduanya sama-sama akan kena biaya transfer BRI ke BCA yaitu 6.500. Yang membedakan hanya caranya saja, yang satu harus ke ATM yang satu lagi lewat HP tanpa harus pakai kode transfer.

Adapun kode transfer BRI ke BCA adalah 014, jadi jika ingin kirim uang dari BRI ke BCA lewat ATM harus gunakan kode tersebut.

Sedangkan jika transfer lewat BRImo ke bank lain, kamu hanya tinggal pilih nama bank tujuan baru input no rekening penerima.

Artinya kirim uang antar bank lewat BRImo lebih simpel karena tidak pakai kode transfer. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkah berikut ini.

Cara Transfer BRI Ke BCA Lewat ATM

  1. Pergi ke ATM BRI terdekat.
  2. Masukan kartu ATM Bank BRI kamu.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Kemudian masukan PIN ATM BRI.
  5. Pilih Menu Lainnya.
  6. Kemudian pilih Transfer.
  7. Masukan kode transfer BCA yaitu 014 kemudian nomor rekening BCA yang akan menerima transfer dari ATM BRI. Pilih Benar.
  8. Lalu masukan jumlah uang yang akan kamu kirim dengan batas minimal 10.000.
  9. Pada kolom nomor referensi silahkan kosongkan saja dengan pilih Benar.
  10. Cek lagi apakah nama pemilik rekening dan nominal sudah benar. Pilih Ya untuk melanjutkan.
  11. Pada jenis rekening pilih Dari Rekening Tabungan.
  12. Tunggu transaksi transfer BRI ke BCA sampai selesai dan struk bukti kirim uang keluar dari mesin ATM.

Setelah transaksi di ATM selesai dan berhasil maka uang akan langsung masuk ke rekening BCA tujuan. Tidak perlu menunggu lama, kecuali jika transfer malam hari dan BCA sedang offline.

Jika sedang offline biasanya saldo bertambah tapi belum muncul di mutasi rekening BCA. Jadi tunggu saja sampai jam online Bank BCA dan nanti akan terlihat uang masuk pada mutasi rekening.

Pilihan kedua bagi yang ingin mengirim uang dari Bank BRI ke BCA bisa menggunakan BRImo dari HP. Jadi tidak perlu repot pergi ke ATM apalagi jika lokasi ATM BRI jauh dari rumah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara kirim uang lewat BRImo ke bank lain.

Cara Transfer BRI Ke BCA Lewat BRImo

  1. Buka aplikasi BRImo kemudian masukan user id dan password untuk login.
  2. Selanjutnya pilih menu Transfer.
    Cara Transfer BRI Ke BCA Lewat ATM
  3. Pilih Tambah Daftar Baru.
  4. Pada kolom bank tujuan pilih Bank BCA.
    Pilih Bank Tujuan
  5. Masukan no rekening BCA yang akan menerima transfer dari BRI.
  6. Jika keduanya sudah terisi tap Lanjutkan.
  7. Isi jumlah uang yang akan kamu kirim minimal 10.000 rupiah lalu tap tombol Transfer.
    Biaya Transfer BRI ke BCA
  8. Cek kembali apakah semua sudah benar, jika ya pilih Transfer.
  9. Masukan PIN Brimo.
    Slip Bukti Transfer BRImo
  10. Akan muncul pesan transaksi sedang diverifikasi.
  11. Jika sudah sukses akan muncul lagi pesan transaksi berhasil.

Setelah transaksi berhasil maka uang yang kamu kirim ke BCA dari BRImo akan langsung masuk ke rekening BCA penerima.

Seperti terlihat pada kedua cara di atas, pebedaannya kirim uang ke bank lain lewat ATM BRI dan BRImo adalah pada saat input no rekening.

Jika transfer dari ATM harus menggunakan kode transfer 014 sedangkan jika transfer melalui BRImo tidak perlu. Sehingga hanya perlu input nomor rekening BCA yang akan menerima transfer dari Bank BRI saja.

Artinya proses transfer beda bank lewat BRImo lebih simpel dan mudah, tidak perlu repot mengingat kode bank lain.

Apabila transfer di Brimo ke BCA sudah berhasil tapi penerima ingin meminta buktinya. Maka tidak perlu bingung karena kamu bisa melihat kembali bukti transfer Brimo dengan mudah.

Caranya buka aplikasi Brimo kemudian pilih menu Aktivitas yang ada di bagian bawah lalu cari transaksi yang ingin kamu cek ulang buktinya.

Jika kurang jelas bisa cek video transfer lewat BRImo ke BCA ini.

FAQ

Berapa Batas Minimal Transfer BRI Ke BCA?

Batas minimal transfer antar bank maupun ke sesama BRI sama saja yaitu 10.000 rupiah. Baik dari ATM maupun mobile banking semua sama.

Berapa Lama Kirim Uang Dari Bank BRI ke Bank BCA?

Uang akan langsung masuk ketika transaksi pengiriman uang berhasil jadi tidak perlu menunggu. Tapi jika transaksi berhasil namun saldo rekening penerima tidak bertambah maka cek pada mutasi rekening tabungan penerima.

Jika tidak ada di mutasi rekening maka sebaiknya langsung hubungi pihak bank pengirim maupun penerima.

Kenapa Saldo Yang Masuk Kurang?

Sebetulnya ini jarang sekali terjadi karena uang akan masuk ke penerima sesuai dengan nominal yang kita kirim. Tapi jika saat cek saldo di rekening penerima nominalnya kurang maka cek dulu mutasi rekening di akun penerima.

Bisa jadi ada transaksi otomatis terutama potongan saat ada uang masuk, misalnya karena rekening penerima kurang dari saldo minimal. Bisa juga karena saat ada potongan biaya admin bulanan, saldo penerima kurang sehingga saat ada uang masuk langsung terpotong untuk adm bank.

Oleh karena itu cara yang paling tepat adalah cek mutasi rekening atau jika kurang jelas bisa cetak rekening koran.

Penutup

Saat ini setidaknya ada dua cara mudah untuk transfer BRI ke BCA lewat ATM dan BRImo. Tapi tentu saja bisa juga via internet banking, namun sepertinya masih lebih efiesien kirim dana lewat BRImo karena dari HP.

Meskipun yang kami contohkan adalah transfer ke Bank BCA, namun jika kamu ingin kirim ke bank lain maka caranya tidak jauh berbeda.

Terutama jika transfer dari BRImo, maka kamu cukup pilih bank tujuan saja kemudian masukan nomor rekening penerima uang. Untuk biaya admin dan batas minimal tetap sama yaitu 6.500 jika transfer BRI ke bank lain dan minimalnya 10 ribu.