Bank Mandiri berdiri pada 2 Oktober 1998 dan saat ini merupakan salah satu yang terbesar dalam hal aset, deposito dan pinjaman. Bank ini berdiri sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan oleh Pemerintah Indonesia.

Pada 31 Juli 1999 empat bank pemerintah merger menjadi satu ke dalam bank Mandiri. Adapun 4 bank tersebut adalah Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, Bank Pembangunan Indonesia.

Sama seperti Bank BUMN lainnya, Bank Mandiri juga menyediakan berbagai produk seperti simpanan, pinjaman, kartu kredit dan e-money.

Awalnya bank ini memiliki dua jenis uang elektronik yaitu e-cash Mandiri dan e-money Mandiri atau kartu e-toll prabayar.

Artikel Terkait

Namun seiring perjalanan, semua produk uang elektronik berbasis aplikasi dari Bank BUMN lebur menjadi satu yaitu LinkAja.

Sehingga saat ini tidak ada Bank BUMN yang memiliki produk dompet digital atau e-wallet sendiri. Semua sudah merger menjadi LinkAja yang merupakan gabungan juga dari TCash Telkomsel.

Bank Mandiri

Untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi, Bank Mandiri menyediakan berbagai layanan seperti ATM, m banking dan lainnya.

Salah satu fitur paling menarik adalah penggantian kartu debit secara online tanpa perlu datang ke bank. Hal ini memungkinkan setelah nasabah aktivasi Livin by Mandiri.

Melalui aplikasi mobile banking tersebut, nasabah yang ingin mengganti kartu ATM bisa langsung melakukan penggantian kartu.

Tidak perlu repot pergi ke bank tapi cukup tunggu di rumah dan kartu akan diantar oleh kurir.

Sepertinya untuk saat ini belum ada bank lain yang memiliki fitur seperti ini. Biasanya untuk mengganti kartu debit harus ke bank atau ke mesin CS Digital.

Namun sayangnya ketika bank BUMN lain sudah melengkapi mobile banking dengan tarik tunai tanpa kartu. Bank Mandiri tidak demikian, karena sampai saat ini belum ada fitur untuk menarik uang di ATM Mandiri tanpa kartu.

Padahal sebelumnya fitur ini ada di menu e-cash Mandiri, namun karena sudah merger dengan LinkAja akhirnya fitur ini tidak berfungsi lagi.

Kecuali melalui aplikasi LinkAja, namun ini bukan solusi murah karena ada biaya admin setiap kali tarik tunai di ATM.

Semoga saja kedepannya fitur tarik tunai bisa hadir di aplikasi Livin by Mandiri seperti bank BUMN lain. Karena saat ini BRI, BTN dan BNI sudah menyediakan fitur tarik tunai di aplikasi mobile banking mereka.

Tentu fitur ini sangat berguna ketika nasabah ingin ambil uang tapi tidak membawa kartu ATM. Bisa juga ketika kartu ATM rusak tidak bisa digunakan.