Bayar Shopee Pakai LinkAja, Biaya dan Kekurangannya

Cara bayar Shopee pakai LinkAja yang masih bisa saat ini hanya melalui BRIVA atau rekening virtual BRI. Jadi jika kamu belanja di Shopee bayar lewat LinkAja melalui menu kirim uang maka akan gagal.

Kenapa gagal? karena memang sudah tidak bisa transfer dari LinkAja ke no VA BRI melalui menu transfer uang. Artinya saat ini harus dari menu rekening virtual lalu pilih BRIVA di LinkAja.

Biaya admin membayar Shopee pakai saldo LinkAja saat ini adalah 4.500 per transaksi. Namun kekurangannya adalah ada tambahan biaya penanganan Shopee 1.000 untuk setiap transaksi.

Sehingga total biaya yang harus kamu keluarkan setiap kali belanja di Shopee bayar pakai LinkAja menjadi 5.500 rupiah setiap. Cukup besar bukan? kekurangan lain adalah kemungkinan besar tidak mendapat gratis ongkir.

Cara Bayar Shopee Pakai LinkAja dan Biaya Admin

  1. Buka aplikasi Shopee lalu cari produk yang ingin kamu beli.
  2. Kemudian setelah masuk keranjang belanja tap Checkout.
  3. Tap Pilih Metode Pembayaran.
  4. Pilih Transfer Bank.
  5. Lalu pilih Bank BRI (Dicek Otomatis) tap Konfirmasi.
  6. Kemudian tap Buat Pesanan.
    LinkAja Bayar Shopee Via BRIVA
  7. Akan muncul nomor virtual account BRI untuk pembayaran Shopee pakai LinkAja, catat atau copy kode tersebut.
  8. Buka aplikasi LinkAja.
  9. Pilih menu Lainnya. (Titik 3).
    LinkAja Rekening Virtual
  10. Kemudian pilih Rekening Virtual.
  11. Pilih BRIVA.
  12. Pada kolom Nomer Briva masukan no rekening virtual BRI yang tadi kita dapat di Shopee.
  13. Masukan jumlah tagihan belanja di Shopee yang akan kamu bayar di LinkAja secara pas (nominalnya harus sama dengan tagihan). Tap Lanjut.
    Bayar Shopee Pakai LinkAja dan Biaya Admin
  14. Apabila nomor BRIVA benar maka akan muncul detail tagihan, tap Konfirmasi.
  15. Masukan PIN aplikasi LinkAja.

Jika transaksi pembayaran Shopee via LinkAja berhasil tunggu beberapa saat sampai pembayaran terkonfirmasi otomatis.

Tetapi jika tidak muncul keterangan transaksi berhasil di LinkAja, sebaiknya cek pada riwayat transaksi. Pastikan statunys bukan pending.

Karena jika status transfer LinkAja pending maka belum terjadi proses transfer ke Shopee dari LinAja. Cek lagi beberapa menit kemudian dan jika masih tetap pending maka sebaiknya hubungi pihak LinkAja.

Seperti terlihat pada langkah di atas, sebetulnya membayar Shopee pakai LinkAja caranya hampir sama dengan saat top up ShopeePay via LinkAja.

Bedanya hanya pada nomor rekening virtual BRI, dan ada tambahan biaya penanganan. Artinya masih lebih murah sedikit top up dulu ShopeePay baru pakai saldonya untuk belanja.

Kalau langsung membayar akan kena biaya 2x yaitu dari LinkAja ke Briva 4.500 + biaya Shopee 1.000. Sedangkan jika caranya transfer ke ShopeePay dulu maka biaya admin hanya 4.500 + potongan ShopeePay 500.

FAQ

Apa Bisa Bayar Shopee Pakai LinkAja Tanpa Upgrade?

Tidak bisa, yang bisa menggunakan menu rekening virtual briva di LinkAja hanya akun yang sudah full service.

Apa Bisa Membayar Shopee Lewat LinkAja Syariah?

Bisa, tidak ada perbedaan fitur pembayaran via BRIVA antara LinkAja biasa dan LinkAja Syariah. Jadi caranya tetap sama seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Kenapa Bayar Shopee Via LinkAja Gagal?

Pastikan nomor BRIVA yang kamu input benar, kemudian lakukan transaksi pada jam kerja. Karena biasanya untuk transfer ke BRIVA tidak bisa 24 jam, kadang malam hari terutama tengah malam memang tidak bisa transfer.

Entah kendalanya di LinkAja atau di BRI kami kurang tahu, namun sudah beberapa kali mengalami tidak bisa transfer ke BRIVA dari LinkAja pas tengah malam.

Kesimpulan

Cara bayar Shopee pakai LinkAja pada tahun 2021 ini masih bisa, namun harus lewat menu rekening virtual. Jadi bukan lagi melalui menu kirim uang atau transfer dari Shopee ke rekening virtual BRI.

Biaya admin pembayaran belanja di Shopee via LinkAja saat ini adalah 4.500 + biaya penanganan Shopee sebesar 1.000. Sehingga totalnya menjadi 5.550 rupiah per transaksi, cukup mahal bukan?.

Kekurangan membayar Shopee lewat LinkAja selain biaya admin besar adalah kemungkinan tidak dapat gratis ongkir.

Karena seperti kita ketahui, gratis biaya ongkos kirim di Shopee biasanya hanya bisa kita dapat jika bayar pakai ShopeePay.

Kekurangan lainnya adalah, nominal yang kamu input saat transfer harus sama persis supaya bisa konfirmasi pembayaran otomatis. Jika nominal berbeda maka tidak bisa verifikasi otomatis.

Demikianlah info terbaru mengenai belanja online di Shopee bayar dengan LinkAja. Semoga bisa bermanfaat dan jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan.

Namun jika terjadi kendala misalnya transaksi pending terus di LinkAja maka langsung hubungi pihak LinkAja. Selain itu pastikan saldo Linkaja mencukupi sebelum kamu gunakan untuk belanja di Shopee.