Cara Pindah ke LinkAja Syariah dan Sebaliknya Terbaru

Cara pindah ke LinkAja Syariah dari LinkAja biasa atau reguler cukup mudah dan bisa selesai dalam beberapa menit. Tapi bagaimana jika mau menonaktifkan atau kembali ke LinkAja biasa apakah bisa?

Saat tulisan ini kami perbaharui, Juni 2021 kita masih bisa menonaktifkan LinkAja Syariah langsung setelah bergabung. Jadi kalau merasa kurang cocok maka kamu bisa mengembalikan dari LinkAja Syariah ke LinkAja biasa.

Setelah jenis akun pindah menjadi LinkAja Syariah, saldo sebelumnya yang ada akan tetap atau tidak hilang. Artinya proses ini cukup aman karena tidak akan mengubah status maupun saldo akun.

Sebagai informasi, salah satu perbedaan LinkAja Syariah dan konvensional adalah pada transaksinya. Untuk layanan LinkAja Syariah semua transaksi tanpa riba sesuai ketentuan DSN MUI dan BI.

Cara Pindah ke LinkAja Syariah

  1. Buka aplikasi LinkAja.
  2. Lalu pilih menu Akun.
    Aktivasi LinkAja Syariah
  3. Pilih LinkAja Syariah.
  4. Kemudian pilih Aktifkan.
    Cara Pindah ke LinkAja Syariah
  5. Akan muncul syarat dan ketentuan, centang tanda sebagai menyetujui ketentuan layanan Syariah LinkAja.
  6. Tap Aktifkan.
  7. Masukan PIN akun LinkAja.
    Masukan PIN AKtivasi Berhasil
  8. Jika sukses pindah ke LinkAja Syariah maka akan muncul layanan berhasil diaktifkan.

Salah satu perubahan yang akan terlihat setelah mengaktifkan layanan LinkAja Syariah adalah menu menjadi warna hijau dari sebelumnya merah.

Kemudian perbedaan lainnya adalah menu Tiket menjadi Pajak Syariah. Sedangkan untuk tampilan maupun menu lain tetap sama posisinya.

Lalu apakah bisa mengembalikan LinkAja Syariah ke LinkAja biasa? bisa dan caranya tidak jauh berbeda dengan penjelasan di atas.

Namun bagi yang masih bingung cara pindah LinkAja Syariah ke LinkAja biasa maka bisa cek langkah-langkah berikut ini.

Cara Menonaktifkan LinkAja Syariah

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih menu Akun.
  2. Tap pada LinkAja Syariah.
    Cara Menonaktifkan LinkAja Syariah
  3. Kemudian Pilih “Bagaimana cara melakuan pengkahiran/penutupan Akun LinkAja Syariah?“. Pilih klik disini.
  4. Pilih salah satu alasan kemudian tap Non-aktifkan Layanan.
    Menutup Akun LinkAja Syariah
  5. Masukan PIN aplikasi LinkAja.
  6. Bila berhasil maka akan ada pemberitahuan dan akun kembali ke LinkAja biasa atau konvensional.

Dari kedua percobaan di atas, dapat kita ketahui setelah pindah ke LinkAja Syariah jika kurang cocok maka bisa kembali ke akun LinkAja biasa.

Tidak perlu menunggu waktu lama, proses penutupan layanan Syariah bisa kita lakukan sendiri tanpa harus menghubungi CS.

Cara di atas bisa juga kamu lakukan ketika daftar LinkAja dan langsung aktifkan LinkAja Syariah. Jadi bisa ubah sendiri ke akun biasa.

FAQ

Apa Bisa Pindah LinkAja Syariah ke LinkAja Biasa?

Bisa, seperti sudah kami contohkan di atas langkahnya cukup mudah yaitu melalui menu akun kemudian pilih LinkAja Syariah lalu aktifkan.

Apa Bisa 1 Nomor HP Memiliki 2 Jenis Akun LinkAja Berbeda?

Tidak bisa, satu nomor handphone yang bsa terdaftar ke satu akun saja.

Apakah LinkAja Syariah Bisa Transfer ke Rekening Bank?

Bisa, dengan catatan sudah upgrade full service. Cara maupun biaya tarik saldo ke bank sama seperti LinkAja biasa. Jika ke rekening bank HIMBARA gratis sedangkan non HIMBARA ada biaya admin 6.500 termasuk BSI (Bank Syariah Indonesia).

Apa Bedanya LinkAja dengan LinkAja Syariah?

Perbedaan mendasar pada kedua jenis akun ini adalah pada transaksinya. Untuk LinkAja Syariah harus sesuai dengan ketentuan syariah jadi tanpa riba.

Apa LinkAja Syariah Ada Promo?

Ya masih ada, namun agak berbeda dengan LinkAja reguler. Untuk layanan syariah saldo bonus atau cashback namanya menjadi saldo berkah.

Apa Saldo LinkAja Syariah Bisa Untuk Bayar Commuter Line?

Bisa, cara dan aturannya tetap sama seperti LinkAja biasa. Untuk mendapatkan kode tiket caranya bisa shake HP atau buka menu kode tiket.

Setelah itu scan QR Code yang muncul di aplikasi LinkAja ke reader yang ada di pintu masuk.

Kesimpulan

Saat ini pengguna bisa pindah ke LinkAja Syariah dari LinkAja biasa dan begitu juga sebaliknya. Artinya jika merasa kurang cocok atau promo yang didapatkan sedikit maka bisa kembali ke LinkAja reguler.

Meskipun jenis akun pindah tetapi saldo maupun status akun tidak akan berubah. Misalnya jika awalnya sudah full service maka saat pindah ke LinkAja Syariah akan tetap full service.

Begitu juga jika menonaktifkan atau mengembalikan LinkAja Syariah ke LinkAja biasa, saldo maupun tipe akun akan tetap sama.

Akhir kata, perbedaan antara LinkAja biasa dan Syariah adalah pada konsep transaksinya. Untuk layanan Syariah harus sesuai dengan ketentuan syariah dan mendapat setifikasi DSN MUI.

Sedangkan untuk cara menggunakan untuk pembayaran, pembelian termasuk top up saldo semua tetap sama.