Cara Transfer LinkAja Ke LinkAja Atau Akun Lain

Cara transfer LinkAja ke LinkAja atau akun lain langkahnya mirip seperti saat transfer ke rekening bank. Namun bedanya adalah batas minimal transfer saldo sesama LinkAja lebih kecil yaitu hanya 100 rupiah dan tidak ada biaya admin.

Sedangkan jika kirim ke bank batas minimalnya 10.000 dan ada biaya admin jika bank tujuan bukan Bank BUMN. Tapi untuk syarat lainnya tetap sama, yaitu harus sudah upgrade ke full service.

Jadi jika masih akun basic service tidak bisa transfer saldo LinkAja ke nomor lain. Oh iya, cara ini bisa untuk akun LinkAja biasa maupun LinkAja Syariah.

Saat ini ada dua pilihan untuk kirim uang dari LinkAja ke akun lain, yaitu menggunakan nomor handphone atau kode QR. Sebetulnya tidak ada perbedaan mencolok yang beda hanya pada metode memilih akun penerima saldo saja, sedangkan langkah lainnya tetap sama.

Cara Transfer LinkAja Ke LinkAja Atau Akun Lain 2021

Seperti sudah kami sebutkan sebelumnya, ada dua metode yang bisa kita pilih saat akan kirim saldo sesama LinkAja.

Yang pertama dengan input nomor telepon pengguna LinkAja penerima uang, yang kedua dengan cara scan kode QR. Namun jika ingin pakai snap QR maka kamu harus memiliki kode qr akun Linkaja yang akan kamu transfer saldo.

Untuk mengetahui kode QR akun LinkAja caranya pilih menu Semua kemudian pilih My QR. Nanti akan muncul QR Code atau quick respon code.

Jadi jika teman ingin mengirim uang, bisa dengan cara scan QR tersebut tanpa harus repot input nomor HP.

Untuk lebih jelasnya, yu langsung kita coba saja kedua metode tersebut dan lihat apa perbedaanya.

Transfer Saldo LinkAja Via Nomor Telepon

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih menu Kirim Uang.
  2. Pilih Nomor Telepon.
  3. Masukan nomor HP akun LinkAja yang akan menerima transfer saldo. Tap Konfirmasi.
  4. Masukan jumlah uang yang akan kamu kirim paling sedikit 100 rupiah lalu tap tanda centang merah.
  5. Cek lagi apakah nomor HP dan nominal sudah benar? jika ya tap Konfirmasi.
  6. Terakhir masukan PIN aplikasi LinkAja.
  7. Jika transfer saldo berhasil maka uang akan langsung masuk ke nomor LinkAja penerima saat itu juga.

Pilihan lain bagi yang tidak ingin repot input nomor HP, maka bisa pilih cara kedua yaitu menggunakan kode QR. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkah berikut ini.

Cara Transfer Sesama LinkAja Lewat Snap QR

  1. Buka LinkAja lalu pilih Bayar. Selain dari menu bayar bisa juga dari menu Kirim Uang lalu pilih Snap QR. Tapi jika ingin lebih simpel maka pilih saja dari menu Bayar.
    Transfer Sesama LinkAja
  2. Arahkan kamera HP ke kode QR penerima. Cara lainnya bisa juga dengan tap ikon image yang ada di pojok kanan atas lalu cari QR Code LinkAja yang tersimpan di galeri HP.
  3. Pilih Kirim Uang.
  4. Masukan nominal saldo LinkAja yang akan kamu transfer ke akun lain. Tap centang merah.
    Konfirmasi Kirim LinkAja
  5. Periksa kembali apakah semua sudah benar, jika ya tap Konfirmasi.
  6. Masukan PIN LinkAja.
  7. Setelah transaksi berhasil, saldo penerima akan langsung bertambah.

Cara yang kedua ini sama seperti saat kamu akan membayar belanja di merchant pakai LinkAja yaitu pakai kode qr. Misalnya bayar CFC, McDonald’s atau merchant lain.

Jadi tidak perlu bingung, silahkan pilih salah satu metode transfer LinkAja ke LinkAja yang kamu anggap paling mudah.

Batas Maksimal Kirim Uang Ke Sesama LinkAja

  1. Maksimal pengiriman per bulan atau total transfer saldo ke akun lain adalah 20.000.000.
  2. Batas maksimal kirim uang per hari ke sesama LinkAja adalah 10.000.000 per akun.
  3. Maksimal 1x kirim 10.000.000 rupiah.

Sumber : DM Twitter CS LinkAja.

Berbeda dengan batas maksimal kirim saldo ke rekening bank yang hanya 2 juta per hari. Untuk pengiriman ke sesama pengguna jauh lebih besar yaitu bisa sampai 10.000.000 sekali transaksi namun tidak boleh lebih dari 20.000.000 per bulan.

Namun batas ini tentu mengikuti jenis akun penerima, jika masih basic service hanya bisa memiliki saldo maksimal 2 juta.

Oleh karena itu agar tidak ada kendala atau gagal transfer saldo sesama LinkAja perhatikan juga akun penerima uang. Jika belum upgrade maka jangan kirim uang lebih dari 2 juta setelah dikurang saldo yang dia miliki.

FAQ

Apa Bisa Transfer LinkAja ke LinkAja Tanpa Upgrade Full Service?

Sayangnya tidak bisa, syarat wajib untuk bisa kirim saldo ke pengguna lain maupun rekening bank adalah sudah upgrade ke full service.

Berapa Batas Minimal Kirim Saldo Sesama LinkAja?

Saat tulisan ini kami buat, batas minimal kirim saldo sesama LinkAja adalah 100 rupiah. Jadi jika ingin kosongkan saldo LinkAja salah satu caranya adalah dengan kirim ke akun lain.

Selain batas minimalnya cukup rendah, pengiriman saldo ke pengguna lain gratis tidak kena biaya admin.

Apa Penerima Uang Dari LinkAja Harus Upgrade?

Tidak, yang wajib upgrade ke layanan full service hanya akun pengirim uang. Sedangkan akun penerima bebas bisa tidak harus upgrade dulu.

Kenapa Tidak Bisa Kirim Uang Ke Akun Lain?

Berdasarkan pengalaman kami selama menggunakan LinkAja, tidak pernah ada kendala atau gagal saat kirim ke akun lain.

Namun jika terjadi gagal atau tidak bisa transfer saldo LinkAja, maka pastikan dulu akun pengirim sudah full service. Selain itu cek kembali apakah nomor HP penerima sudah benar dan terakhir cek apakah LinkAja sedang gangguan atau tidak.

Coba lakukan transaksi pada jam kerja, jangan tengah malam atau subuh karena pada jam tersebut kadang ada pemeliharaan sistem.

Apa Menerima Transfer Uang Dari LinkAja Harus Aktivasi Di ATM?

Tidak ada istilah aktivasi di ATM agar saldo bisa dicarikan. LinkAja hanya bisa kirim ke nomor HP yang sudah terdaftar. atau rekening bank.

Jika kamu menerima pesan ada yang kirim saldo ke nomor HP via LinkAja tapi belum pernah registrasi LinkAja maka jangan percaya.

Sebetulnya sama saja dengan rekening bank, jika ada yang bilang kita menerima transfer ke rekening BCA dari BCA padahal kita belum punya rekening BCA. Apa ini masuk akal? tentu tidak bukan.

Jadi demikian juga dengan LinkAja, jika kamu belum memiliki akun LinkAja maka jelas tidak bisa menerima transfer dari ke nomor HP.

Lain cerita jika orang tersebut mengirim uang dari LinkAja ke rekening kita. Jika benar sudah transfer uang harusnya masuk otomatis sehingga tidak perlu aktivasi atau ke ATM untuk masukan kode OTP.

Kesimpulan

Saat ini ada dua cara transfer LinkAja ke LinkAja yaitu menggunakan nomor telepon dan kode QR. Kedua cara tersebut tidak memiliki perbedaan mencolok.

Yang berbeda hanya pada saat akan menentukan akun LinkAja penerima saldo. Jika via menu Kirim Uang lalu pilih no telepon maka kamu harus input manual no HP LinkAja yang akan terima dana.

Sedangkan jika menggunakan kode QR maka kamu hanya perlu pilih menu bayar lalu scan QR Code akun penerima.

Apabila masih ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan via kolom komentar. Selain itu kamu juga bisa langsung kontak LinkAja via web resmi mereka di alamat linkaja.id dari HP maupun laptop lalu pilih menu Chat.

Akhir kata, demikianlah sedikit info terbaru mengenai kirim uang atau transfer LinkAja ke LinkAja. Selamat mencoba.